Tips Cara Memilih Korset setelah Melahirkan dengan Operasi Caesar

Posted on

SETELAH melakukan operasi caesar saat melahirkan, banyak ibu-ibu yang segera mengenakan korset. Tujuannya untuk membuat perut nyaman, perut bisa cepat kembali langsing, dsb. Tetapi, bagaimana cara memilih korset setelah melahirkan caesar?

Ya, memilih korset pasca melahirkan caesar bagi Bunda adalah sangat penting. Misalnya, memilih korset dengan bahan kain yang halus.

Menurut dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Dr. Amaranila Lalita Drijono,Sp.KK, korset dengan bahan yang tidak halus dikhawatirkan akan mengganggu scar atau bekas luka operasi. Misalnya luka tergesek oleh korset dan bisa menimbulkan gatal dan luka jadi membesar (melebihi garis scar).

Korset yang aman bagi Bunda yang telah melakukan operasi caesar saat melahirkan adalah korset yang dibuat dari bahan yang aman seperti dari katun. Ini penting karena ada juga korset yang dibuat dari bahan yang bisa membuat luka bekas operasi caesarĀ  bertambah besar. Bahkan, bisa menjadi keloid.

“Keloid adalah jaringan kulit tambahan yang tumbuh di bekas luka. Meskipun keloid tidak menular, tetapi ia bisa menyebabkan rasa gatal terus-menerus,” jelasnya.

Jika bekas luka operasi caesar dan keloid membesar hingga melampaui garis akan menyulitkan proses pemulihan. Oleh karena itu, apabila Anda ingin luka bekas operasi aman, pakai saja celana atau rok yang juga dibuat dari bahan yang aman.

Amankah Bunda Langsung Mengenakan Korset setelah Melahirkan Caesar?

korset pasca melahirkanUmumnya luka bedah pasca-operasi caesar memerlukan waktu 4 – 6 minggu untuk kembali pulih. Kebanyakan dokter membolehkan wanita habis operasi caesar ketika melahirkan langsung mengenakan korset pelangsing usai operasi.

Ya, penggunaan korset ini dilakukan sebagai bebat perut sehingga perut terasa nyaman. Selain itu, juga sebagai upaya mengecilkan perut buncit pasca-melahirkan.

Banyak Bunda setelah melahirkan memiliki perut buncit. Kebanyakan dari mereka merasa gagalĀ  mengecilkan perut setelah melahirkan dengan segera. Korset bisa menjadi salah catu cara menghilangkan perut buncit.

Tetapi, cara memakai korset harus tepat. Jika tidak, korset pelangsing justru bisa mengganggu kenyamanan pemakainya.

Berikut ini contoh keluhan Bunda yang mengalami masalah dengan korset yang dikenakannya. Kata dia, “Saya sudah 1 bulan sejak melahirkan anak pertama. Saya tak berani pakai korset setelah melahirkan karena takut korset mengenai luka operasi. Akibatnya, perut saya menjadi buncit”, tulisnya.

Diceritakan, belakangan ia mencoba pakai korset. Tetapi, kok tidak nyaman. Ketika akan duduk, ia merasa tidak nyaman sehingga ia kembali melepas korset. Maksudnya, ia tidak mengenakan korset lagi. Ada juga yang merasa punggung gatal ketika mengenakan korset pasca melahirkan caesar.

Tetapi, ada pembaca yang menyarankan agar korset tidak diikat kencang sehingga akan nyaman saat dipakai.

Ada juga dokter yang menyarankan supaya menggunakan korset dengan perekat karet sehingga terasa kencang di perut. Di sisi lain, dengan mengenakan korset, maka luka bekas operasi terlindungi sehingga sangat nyaman.

Cara lain dengan minum obat herbal pengecil perut buncit. Pilih obat herbal yang Anda inginkan. Obat herbal umumnya bebas dari efek samping sehingga aman dan nyaman.

Pakai Korset setelah Melahirkan Caesar Nggak Nyaman, tetapi Perut Kembali Ramping

Saran Mama Kyala, seorang ibu yang belum lama ini melahirkan, patut disimak. Kata dia, meskipun mengenakan korset setelah melahirkan tidak nyaman, tidak apa. Yang penting hasil akhirnya, perut bisa kembali ramping seperti sebelum hamil.

Bunda Mama Kyala mengatakan ia memilih korset setelah melahirkan yang bagus untuk dirinya. Ia memilih korset pelangsing sesuai dengan saran dokter yang memeriksa dirinya.

Ya, intinya pilih korset dengan bahan yang halus sehingga nyaman dipakai. Ukuran korset harus disesuaikan dengan kondisi tubuh Bunda. Korset jangan terlalu ketat.

Untuk mempercepat usaha mengecilkan perut buncit, Bunda juga harus mengatur pola makan, suka bergerak, menyusui bayinya, dsb. Insya Allah Bunda akan sukses membuat diri cepat sehat dan perut buncit cepat mengecil pasca melahirkan dengan operasi caesar.

Ya, mengenai korset dan mengatur pola makan adalah dua hal yang harus Anda lakukan setelah melahirkan. Banyak Bunda yang mengeluhkan sudah pakai korset tetapi perut masih buncit.

Kata seorang Bunda dengan inisial Hotaru, “Aku juga pasca-operasi caesar, sudah dua minggu. Langsung pakai gurita. Ini juga saran dokter saya. Saya pakai korset dengan perekat karet. Rasanya perut lebih kencang, bekas jahitan pasca-operasi terlindungi. Alhamdulillah, sekarang perut sudah kembali ramping.”

Demikian artikel mengenai Mengenakan Korset setelah Melahirkan Caesar. Itu adalah cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan operasi caesar. Banyak Bunda sukses mengecilkan perut dengan mengenakan korset pelangsing berkualitas lembut.

Ditambah makan teratur sesuai dengan pola makan yang tepat bagi ibu pasca-melahirkan atau melakukan diet. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Bunda yang telah melahirkan dan ingin perut buncitnya kembali ramping.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *