Maag Kambuh Menjelang Ramdhan, Apa yang Harus Anda Lakukan?

Diposting pada

RAMADHAN sudah di ambang pintu. Berarti bagi kita, kaum muslimin, waktu menjalankan puasa sebulan penuh kain dekat. Tetapi, tiba-tiba maag kambuh, apa yang harus dilakukan?

Ini sangat penting. Saya sendiri mengalami hal itu belum lama ini. Kalau saya tidak bisa menyembuhkan maag sebelum datangnya bulan Ramadhan berarti puasa saya akan terganggu nantinya. Saya khawatir dengan hal itu. Sebab, sudah 26 tahun saya menderita maag, saya selalu menjalankan puasa Ramadhan degan lancar.

Tidak pernah membatalkan puasa sehari pun selama ini hanya karena penyakit maag. Selama Ramadhan, penyakit maag saya justru tenang. Saya makan seperti biasa selama Ramadhan. Seolah saya tidak memiliki penyakit maag.

Yang penting saya tidak mengonsumsi makanan pedas dan asam. Kedua jenis makanan minuman itu adalah penyebab utama sakit maag. Selain itu, waktu makan tidak boleh terlambat. Makan pada waktunya, baik makan pagi (sarapan), makan siang ataupun makan malam.

Ini yang saya lakukan selama beberapa tahun belakangan sehingga penyakit maag saya tidak pernah kambuh. Saya selalu merasa nyaman dengan kondisi lambung saya.

Bahkan, dua tahun belakangan, saya mulai berani mengonsumsi makanan pedas dan asam. Meskipun saya tetap harus hati-hati. Tidak boleh berlebihan mengonsumsi makanan minuman pedas dan rasa asam. Baca Juga: 16 Cara Cepat Mengatasi Maag Kambuh Tanpa Obat.

Penyebab Penyakit Maag Kambuh dan Cara Mencegahnya

 

maag kambuh apa yang harus dilakukan

(sumber:viva.co.id)

Dengan kondisi kesehatan seperti itu, pada awal bulan Rajab lalu, saya mulai puasa Senin Kamis. Saya ingin bisa menjalankan puasa sunnah itu sepanjang tahun. Bahkan, sepanjang hidup.

Kecuali pada hari-hari di mana kita dilarang (diharamkan) puasa. Yakni, pada hari raya Idul Fitri, hari raya Idul Adha dan hari tasyrik (3 hari setelah hari raya Idul Adha).

Tetapi, puasa Senin Kamis baru berjalan 3 minggu atau belum sampai sebulan, tiba-tiba terasa maag kambuh. Lambung terasa perih. Walaupun intensitasnya (rasa sakitnya) tidak terlalu berat.

Artinya, rasa sakit yang saya derita tidak setinggi waktu sakit maag dulu. Hanya terasa lambung agak melilit sepanjang hari.

Saya tidak berani melanjutkan puasa Senin Kamis. Bahkan, saya akhirnya jatuh sakit akibat maag kambuh. Saya harus istirahat berhari-hari di tempat tidur.

Saya tidak periksa ke dokter. Saya tidak yakin obat resep dokter bisa menyembuhkan maag saya. Akhirnya kembali ke pengobatan tradisional, yakni mengonsumsi ramuan kunyit.

Saya sebenarnya ingin mencoba cara penyembuhan sakit maag lain bukan menggunakan bahan kunyit. Pilihan pertama adalah kacang hijau. Saya sudah coba dua hari mengonsumsi kacang hijau.

Mencari penjual bubur kacang hijau dalam berbagai bentuk masakan tidak sulit. Selalu ada orang jualan bubur kacang hijau di mana pun. Walaupun tidak banyak.

Tetapi, hasilnya tidak secepat mengonsumsi ramuan kunyit. Lambung masih merasa melilit. Akhirnya minta istri untuk dibuatkan ramuan kunyit untuk maag. Meskipun hanya minum satu kali per hari, tetapi rasa tidak nyaman di lambung segera hilang.

Baca Juga: 10 Cemilan Sehat untuk Menyembuhkan Penyakit Maag

Saya tidak lagi merasa melilit atau rasa perih di lambung. Tidak hanya itu. Tubuh juga merasa lebih sehat. Saya bisa kembali beraktivitas seperti sebelumnya.

5 Cara Mudah Mencegah Terjadinya Maag Kambuh

Kini, saya mulai merasa tenang. Saya yakin pada bulan Ramadhan nanti, saya bisa menjalani puasa dengan baik. Maag kambuh saya telah bisa teratasi dengan baik.

Saya ingin minum ramuan kunyit untuk maag bisa menjadi bagian upaya menyehatkan tubuh. Penyakit maag juga tak ubahnya dengan penyakit darah tinggi. Yakni, penyakit sepanjang hidup.

Kedua penyakit itu tidak bisa disembuhkan. Kita hanya bisa mengendalikan supaya penyakit maag atau darah tinggi tidak melonjak menjadi maag kronis atau darah tinggi yang sangat tinggi sehingga bisa terkena stroke.

Oleh karena itu, penyakit maag tidak boleh disepelekan. Jika Anda belum terkena sakit maag, ya hindari jangan sampai kena. Selalu mengonsumsi makanan sehat dan selalu makan tepat waktu. Selain itu, juga hindari makanan atau gaya hidup yang bisa membuat sakit maag.

Bagi Anda yang sudah menderita sakit maag seperti saya, ya jaga cara hidup dan pola makan sehingga maag tidak mudah kambuh.

Berikut ini 5 cara mencegah penyakit maag kambuh, yaitu:

1. Makan lebih sering dengan porsi kecil. Jika biasanya makan 3 kali sehari, bisa Anda ubah menjadi 5 – 6 kali. Pendek kata, sering-seringlah makan dengan porsi kecil. Misalnya porsi masi setengah piring.

2. Dengan cara sering makan dalam porsi kecil, Anda tidak akan kekenyangan. Makan terlalu kenyang bisa membuat lambung sangat penuh sehingga isi lambung naik ke tenggorokan dan menyebabn sakit maag.

3. Hindari makanan minuman rasa asam dan pedas. Es jeruk, jus jeruk, dan buah jeruk adalah contoh minuman makanan asam penyebab maag. Masih bayak jenis lainnya. Demikian pula makanan minuman pedas, juga harus Anda hindari.

4. Sebaiknya tidak makan menjelang tidur. Lebih baik makan malam sebelum pukul 20.00. Ini lebih sehat. Saya sering makan sebelum pukul 18.00. Selama dua tahun, maag saya tidak pernah kambuh. Sebaliknya, makan terlalu malam justru meningkatkan risiko maag kambuh.

Baca Juga: 16 Tips Puasa Nyaman bagi Penderita Penyakit Maag

5. Tidak stres. Stres juga bisa menyebabkan produksi asam lambung meningkat sehingga lambung tidak sehat dan maag pun kembali kambuh.

6. Minuman bersoda. Anda sebaiknya juga menghindari konsumsi minuman soda karena bisa membuat maag Anda kambuh. Minuman soda, misalnya fanta, sprite, pepsi, coca cola, dsb.

Obat Herbal Maag/Asam Lambung, Saya Kini Minum Madu Pahit

Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal maag atau herbal asam lambung. Kini, saya juga mengonsumsi obat herbal maag Madu Pahit Mabruuk. Saya ingin selalu mengonsumsi obar hebal sehingga bisa membuat maag saya selalu sehat. Tidak mudah kambuh seperti beberapa pekan lalu.

Obat herbal maag lainnya adalah Sari Kunyit Sido Muncul, QC Jelly Gamat, Obat Herbal Maag Akut Hiu Gastro, Obat Maag Delmag 100’s, Madu Spesial Maag dan Gangguan Lambung Masemag, Kapsul Temulawak Herbamedika Obat Maag, Nutrimax Stomach Care 30’s untuk Maag, Walatra Jelly Gamat/Obat Asam Lambung/Obat Maag Kronis, dsb.

Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan dan harga yang cocok.

Demikian artikel yang bisa disajikan oleh sehatfisik mengenai cara menyembuhkan maag kambuh menjelang bulan Ramadhan. Semoga puasa Ramadhan kiya bisa berjalan baik, tidak terganggu oleh maag kambuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *