Hati-hati, 16 Makanan Berkalori Tinggi Bisa Menyebabkan Kegemukan

Posted on

SEMUA orang membutuhkan makanan berkalori tinggi. Dengan kalori yang cukup, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas harian dengan baik. Ya, ibarat bahan bakar untuk mobil. Tanpa bahan bakar, tak mungkin mobil bisa berjalan.

Demikianlah kalori untuk kesehatan tubuh Anda. Tanpa makanan tinggi kalori, Anda tidak akan bisa beraktivitas. Ya, loyolah.

Tetapi, jika Anda kelebihan kalori atau energi, Anda juga tidak sehat. Anda bisa menderita kegemukan atau obesitas, hipertensi atau darah tinggi, kerusakan ginjal, trigliserida tinggi, kerusakan hati, asam urat, dsb.

Yang terbaik adalah Anda harus mengonsumsi kalori sesuai dengan kebutuhan. Ya, kebutuhan tubuh Anda. Kebutuhan tiap orang terhadap kalori tidak sama. Dengan mengonsumsi kalori sesuai dengan kebutuhan, Anda akan memiliki berat badan ideal.

Selain ada orang kelebihan kalori, ada juga orang yang kekurangan kalori.

Baik kelebihan kalori ataupun kekurangan kalori, semuanya tidak sehat dan berisiko terkena penyakit. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan asupan kalori yang Anda dapatkan tiap hari sehingga Anda selalu sehat.

Cara Praktis Mengetahui Tubuh Anda Kelebihan Kalori Makanan

makanan yang mengandung kalori

beberapa makanan yang mengandung kalori tinggi (sumber:kamuwanita.com)

Apakah kalori itu? Kalori adalah satuan energi. Tiap orang membutuhkan energi atau kalori untuk bisa beraktivitas sehari-hari. Kebutuhan kalori sesuai dengan tuntutan aktivitasnya.

Pekerja kantoran dan pekerja angkutan barang di pelabuhan atau di pasar tentu berbeda dalam kebutuhan kalori. Pekerja kantoran lebih banyak duduk sewaktu bekerja sehingga tak memerlukan energi tinggi. Berbeda dari pekerja angkutan barang. Mereka memerlukan fisik yang sehat dan kuat.

Beberapa negara juga memberikan angka yang tidak sama. Di Amerika, lelaki disarankan mengonsumsi kalori 2700 dan wanita 2200 kalori per hari. Inggris menyarankan 2500 dan 2000 kalori. Sementara, FAO menyarankan orang dewasa mengonsumsi 1800 kalori per hari.

Indonesia juga punya rumus berbeda. Dirinci dari bayi, anak-anak, orang dewasa dan usia. Tetapi, angkanya juga tidak jauh beda.

Oleh karena itu, secara umum bisa dikatakan tiap orang dewasa membutuhkan 2.000 kalori. Kalori makanan atau energi Anda dapatkan dari makanan yang Anda konsumsi. Tiap makanan mengandung kalori yang tidak sama.

Ada makanan dengan kalori sangat tinggi. Ada juga yang kandungan kalorinya sedang dan ada yang rendah. Itu tergantung pada nilai gizi dari suatu makanan. Zat gizi yang kandungan kalorinya tinggi adalah lemak. Lalu, disusul oleh karbohidrat dan protein.

Kandungan kalori pada lemak adalah 9 untuk tiap gram. Sementara, kandungan kalori pada karbohidrat dan protein masing-masing 4. Tentu saja, jika Anda mengonsumsi tiga jenis makanan yang kandungan kalorinya tinggi, itu sudah cukup.

Tetapi, kalau tiga makanan itu kandungan kalorinya rendah, Anda perlu menambah dengan konsumsi makanan atau buah lain yang kandungan kalorinya bisa memenuhi kebutuhan.

Sebenarnya, ada kalkulator berat badan ideal yang bisa Anda gunakan untuk menghitung kebutuhan kalori harian Anda. Tetapi, jika Anda tidak akrab dengan kalkulator itu, ya dikira-kira saja.

Yang paling penting, Anda mengetahui makanan yang mengandung kalori sangat tinggi. Jika Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan kalori tinggi atau makanan berkalori tinggi, tentu Anda tidak perlu mengonsumsi banyak makanan yang kandungan kalorinya juga tinggi.

Mengapa? Ya, asupan kalori Anda bisa berlebihan. Jika hal itu Anda lakukan terus-menerus, Anda bisa mengalami kegemukan. Berat badan Anda terus meningkat. Risikonya, kegemukan bisa menyebabkan terjadinya berbagai penyakit berat seperti disebutkan di atas.

Jadi, indikasi atau tanda kegemukan adalah berat badan yang tinggi. Jika berat badan Anda naik terus, ya Anda harus menurunkannya. Apalagi, jika secara nyata terlihat postur tubuh Anda bertambah subur. Jelas, Anda mengalami kegemukan.

Ini berarti Anda harus mulai menurunkan berat badan Anda.

Cara utama untuk menurunkan berat badan Anda adalah mengurangi asupan makanan berkalori tinggi. Atau mengurangi konsumsi makanan tinggi kalori.

Tanpa menghindari makanan berkalori tinggi, ya tubuh Anda tetap gemuk. Sebab, konsumsi makanan berkalori tinggi itulah yang menyebabkan tubuh Anda tetap gemuk dan berat badan Anda tetap tinggi.

Daftar 16 Makanan Berkalori Tinggi yang Harus Anda Waspadai

Pertanyaannya sekarang, makanan apa saja yang mengandung kalori tinggi? Berikut ini adalah daftar 16 makanan berkalori tinggi yang harus Anda waspadai atau hindari untuk menurunkan berat badan Anda yang tinggi.

Tetapi, jika berat badan rendah atau kurus, ya Anda perlu menambah asupkan makanan tinggi kalori. Hanya saja, kali ini kita bicara makanan yang mengandung kalori tinggi.

1. Makanan Berminyak dan Berlemak

Tiap 100 gram minyak sayur atau minyak goreng mengandung 884 Kkal (kilokalori). Minyak sayur diperoleh dari lemak nabati. Makanan yang dihasilkan dengan minyak sayur antara lain aneka gorengan, gajih, kerupuk, aneka keripik, nasi goreng, dsb.

Karena itu, Anda harus hati-hati dengan makanan-makanan ini. Intinya jangan mengonsumsi berlebihan. Anda bisa berisiko kena penyakit. Apalagi, jika badan Ansa sudah gemuk dengan berat badan yang sangat tinggi.

2. Makanan Tinggi Kalori Kacang-kacangan

Makanan kalori tinggi lainnya adalah kelompok kacang-kacangan. Antara lain, kacang tanah, kacang mede, almond dan lainnya, termasuk produk olahanya. Tiap 100 gram kacang-kacangan mengandung 718 kkal.

3. Makanan Cokelat Kakao

Cokelat kakao khususnya dan juga cokelat lainnya mengandung 589 kalori per mg. Cokelat biasanya dijadikan bahan pembuatan kue.

4. Buah Kelapa Makanan Berkalori Tinggi

Kelapa juga makanan yang mengandung kalori tinggi, yakni 354 Kkal per 100 gram. Bagi Anda yang berbadan gemuk, hati-hati untuk mengonsumsinya. Walaupun, kelapa muda sangat menyegarkan. Lebih-lebih di musim kemarau.

Kelapa merupakan buah yang sangat menyegarkan, anda pasti menyukai buah yang satu ini. Namun ternyata, kelapa merupakan buah dengan kadar kalori yang tinggi. Kalori ini diperoleh dari tingginya kadar lemak yang terdapat pada buah ini.

5. Makanan Cepat Saji Berkalori Tinggi

Makanan cepat saji atau fast food juga kelompok makanan tinggi kalori, yaitu 294 kkl. Jadi, cukup tinggi. Tidak hanya itu. Lemaknya juga tinggi. Anda sangat suka makanan ini? Jika terlalu sering, risiko bisa kena serangan jantung, kanker, diabetes, dan darah tinggi. Jadi, hati-hati.

6. Alpukat, Mangga, Pisang…

Buah ini juga termasuk makanan yang mengandung kalori tinggi, yaitu 160 kkl per 100 gram. Tetapi, alpukat juga kaya asam folat, serat dan lemak jenuh. Apabila alpukat Anda buat jus ditambah gula dan susu, kalorinya makin tinggi.

Ya, hatilah-hatilah untuk mengonsumsinya. Mangga, pisang dan anggur juga mengandung kalori tinggi.

7. Susu Makanan Tinggi Kalori

Susu juga tinggi kalori, yaitu 442 kkal per 100 gram. Tetapi, susu kaya akan kalsium yang sangat baik untuk tubuh Anda. Jika ternyata harus menghindari konsumsi banyak kalori, Anda bisa menggantinya dengan susu rendah kalori/lemak. Kini, susu seperti itu banyak dijual di pasar.

8. Ikan Sarden, Salmon, Belut, dll

Ikan berlemak juga makanan yang mengandung kalori tinggi. Contohnya sarden, salmon, mackerel, belut, dsb. Kandungan kalorinya 300 – 400 kkal per 100 gram.

9. Satai Kambing Berkalori Tinggi

Satai kambing juga mengandung makanan berkalori tinggi. Per 10 tusuk (satu porsi) mengandung 775 kkal. Kalorinya bertambah tinggi jika Anda mengonsumsi satai kambing dengan nasih putih. Sebab, nasi putih mengandung kalori 129 per gram atau sekitar 10 suapan.

10. Es Krim

Anda suka es krim? Wow, hati-hati. Es krim termasuk makanan yang mengandung kalori tinggi, yaitu 267 kkl dari 1 mangkok es krim. Tak hanya itu, es krim juga mengandung banyak lemak dan gula. Huhh….

11. Minuman Bersoda

Hindari minuman bersoda jika Anda sekarang diet untuk menurunkan berat badan. Sebab, kandungan gulanya tinggi. Berarti kandungan kalorinya juga tinggi, yaitu 140 kkl dari satu kaleng eks krim.

12. Mi Instan Berkalori Tinggi

Anda suka mengonsumsi mi instan? Hati-hati. Mi ini termasuk makanan kalori tinggi. Makan mi bersama nasi putih akan membuat Anda mengonsumsi kalori cukup tinggi. Tiap bungkus mi mengandung 330 kkal.

13. Dressing Salad

Dressing salad juga perlu Anda waspadai. Sebab, kandungan kalorinya juga tinggi, yakni 631 kkal per 100 gram. Dressing salad dibuat dengan bahan utama susu.

14. Minyak Lemak Hewani

Sama dengan minyak sayur, minyak lemak hewani juga mengandung kalori tinggi. Bahkan lebih tinggi, yakni 992 Kkal per 100 gramnya. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki berat badan yang tinggi, hindari makanan olahan yang menggunakan minyak ini, khususnya aneka gorengan.

15. Buah Kurma Tinggi Kalori

Buah kurma juga mengandung kalori tinggi, yaitu 282 Kkal per 100 gram. Tinggi gula adalah penyebab utama buah dari Arab ini tergolong makanan kalori tinggi. Ya, hati-hati saja. Tetapi, jika tubuh Anda kurus, cocok banyak makan kurma.

16. Nasi Goreng 329 Kalori

Nasi goreng juga bisa menjadi penyebab kegemukan karena kandungan kalorinya cukup tinggi. Yakni, 329 kalori dalam satu mangkuk nasi goreng. Anehnya, orang yang mengalami kegemukan sangat suka nasi goreng.

Bahkan, tetangga saya, anak usia 10 tahun sangat hobi makan nasi goreng. Sekali makan 2- 3 porsi. Ya, tentu saja badannya bongsor. Berapa berat badannya? Sekitar 60-an kilogram.

Kini, tugas Anda untuk mengecek makanan apa saja kesukaan tiap hari. Berapa kalorinya? Sangat tinggi, tinggi, sedang, atau rendah? Setelah itu, lakukan apa yang bisa membuat badan Anda selalu sehat. Tidak mudah dihinggapi penyakit, terutama penyakit fatal.

Demikian artikel mengenai makanan tinggi kalori atau makanan berkalori tinggi. Ini sangat penting Anda ketahui, khususnya bagi Anda yang tubuhnya tumbuh subur yang bisa menderita kegemukan (obesitas). Anda harus mengurangi konsumsi makanan-makanan di atas supaya Anda tetap sehat. Ini adalah cara diet yang sangat dan sehat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk membuat Anda selalu sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *