17 Makanan dan Buah Penurun Asam Urat, Anda Perlu Mengonsumsi Rutin

Posted on

ANDA penderita asam urat? Cobalah mengonsumsi makanan dan buah penurun asam urat. Asal Anda rajin melakukan ini, dalam waktu tidak terlalu lama, asam urat Anda akan normal dan stabil.

Mengapa? Karena makanan adalah kunci pengobatan suatu penyakit. Penyakit apa saja. Asal Anda bisa mengatur makanan dan buah mana yang harus Anda konsumsi, asam urat Anda tidak akan naik tinggi.

Tetapi, yang lebih penting lagi adalah menjauhi atau menghindari makanan penyebab asam urat. Apalagi, makanan yang kandungan asam urat atau zat purinnya sangat tinggi.

Wooo… Anda jangan sekali-kali menyentuh makanan itu. Mengonsumsi makanan larangan sama saja Anda sengaja “bunuh diri”. Atau, sama saja Anda sengaja untuk sakit.

Tentu saja, saya yakin Anda tidak seperti itu. Yang terjadi biasanya Anda tergoda untuk makan makanan yang seharusnya Anda hindari. Anda tidak mampu menahan godaan itu.

Anda seharusnya tulis besar-besar nama makanan penyebab asam urat. Tempelkan tulisan itu di ruang makan, di ruang keluarga atau di mana saja yang Anda bisa melihat dan membacanya. Lalu, Anda hindari makanan itu.

Membangun Kebiasaan Menghindari Makanan Patangan Asam Urat

KATEGORI JENIS MAKANAN PANTANGAN
Jeroan Ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak
Seafood Udang, cumi, kerang, kepiting, ikan teri, dll
Makanan Olahan Abon, dendeng, keju, es krim, kaldu
Makanan Kaleng Kornet sapi, sarden
Daging Kambing, sapi, kuda
Kacang Kacang kedelai (tempe, oncom, taucho), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping
Sayuran Kembang kol, bayam, buncis, daun singkong, daun pepaya, kangkung, asparagus
Buah Durian, nanas dan air kelapa

PANTANGAN: daftar nama makanan yang harus anda hindari

Ya, ini adalah metode atau cara bagaimana Anda bisa sukses menjalankan suatu program. Jangan dianggap apa yang saya tawarkan ini hanya gurauan. Ini serius.

Jika Anda ingin sukses menyembuhkan asam urat, ya lakukan itu. Nanti kalau Anda sudah terbiasa, tanpa lembar catatan makanan pantangan seperti itu tidak apa.

Jadi, ini adalah cara membangun kebiasaan, termasuk kebiasaan mengonsumsi makanan sehat untuk penderita asam urat.

Saya telah mempraktekkan cara itu cukup lama dan sukses. Dulu, ketika saya kena kolesterol tinggi, saya minta dokter yang memeriksa saya untuk mencatatkan makanan apa saja yang harus saya hindari biar kadar kolesterol saya segera turun.

Catatan dari dokter itu saya tempelkan di ruang makan. Tiap akan makan, saya baca isi catatan itu. Apa yang ditulis dokter itu saya jalankan 100% sesuai dengan petunjuk dokter.

Dalam waktu singkat, yakni 3 minggu, kolesterol saya turun dari 253 mg/dL ke 191 mg/dL.

Ya, mungkin ada di antara Anda yang bisa menurunkan kadar kolesterol lebih cepat. Apa yang saya lakukan itu metode standar yang digunakan oleh dokter mengobati pasiennya. Bukan menggunakan obat dosis tinggi, tetapi dosis normal sehingga sangat aman.

Akhirnya, saya berkesimpulan obat terbaik adalah diet. Yaitu, menghindari makanan pemicu kolesterol, darah tinggi atau penyakit apa pun, termasuk asam urat. Obat farmasi ataupun obat herbal adalah pendukung.

Walaupun, dalam prakteknya, penggunaan obat resep dokter bisa diletakkan sebagai metode pertama dan diet sebagai pendukung.

Tetapi, jika tidak dalam keadaan darurat, pengobatan asam urat dengan diet harus dijadikan sebagai pengobatan utama. Apalagi, ketika asam urat Anda sudah normal.

Anda tentu akan berhenti dari minum obat. Tetapi, diet harus diteruskan dengan tujuan supaya asam urat Anda tidak kambuh lagi. Walaupun, dietnya tidak seketat sewaktu asam uratnya masih tinggi.

Jadi, ketika Anda berobat ke rumah sakit atau puskesmas untuk menurunkan kadar asam urat dan asam urat Anda telah kembali normal, tak berarti pengobatan telah selesai.

Usaha terpenting setelah itu adalah selalu menstabilkan kadar asam urat. Cara yang terbaik adalah selalu menghindari makanan pemicu asam urat, termasuk menghindari sayuran pemicu asam urat.

Sebaliknya, Anda selalu mengonsumsi makanan penurun asam urat dan buah penurun asam urat.

makanan penurun asam uratmakanan/sayuran penurun asam urat (sumber:portalsehat.net)

Daftar Makanan dan Buah Penurun Asam Urat

Pertanyaannya sekarang, makanan apa saja yang bisa menurunkan asam urat Anda? Dan, buah apa saja yang bisa menurunkan asam urat Anda?

Berikut ini nama makanan dan nama buah penurun asam urat yang perlu Anda konsumsi. Pilih makanan dan buah apa yang mudah Anda dapatkan dan tidak terlalu mahal.

Anda tidak perlu mengonsumsi semuanya. Pilih yang mudah, murah, dan selalu tersedia. Tetapi, jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa membeli obat herbal asam urat yang tersedia di toko penjual obat herbal di toko online obat herbal.

Selain itu, mengonsumsinya juga tidak harus setiap hari. Tetapi, sering-seringlah. Terutama ketika asam urat Anda tinggi. Anda sebaiknya secara periodik cek kadar asam urat Anda. Anda perlu tahu, apakah asam urat Anda dalam kondisi normal, cenderung naik atau memang sudah tinggi.

1. Air putih 10 – 12 gelas

Ini adalah cara paling mudah dan murah. Dengan kemajuan teknologi, kini hampir semua rumah tangga punya persediaan minuman air putih dari pabrik (aqua), terutama di kota-kota besar.

Tentu saja, ini adalah perkembangan cara hidup yang cukup baik. Tinggal, Anda membiasakan diri minum air putih yang lebih banyak. Bukan minuman kopi, teh atau lainnya yang banyak gula dan kafein.

Air putih bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda, termasuk membuang kelebihan asam urat.

2. Buah apel

Apel juga merupakan buah penurun asam urat. Anda sebaiknya mengonsumsi 1 buah apel tiap usai makan. Kandungan asam malatnya bisa menetralkan asam urat Anda.

3. Kacang panjang perancis

Makanan untuk penderita asam urat yang juga bisa Anda konsumsi adalah jus dengan bahan kacang panjang perancis. Anda bisa mengonsumsi jus ini dua kali sehari. Cek hasilnya setelah beberapa hari minum.

4. Buah ceri

Buah ini mempunyai zat anti-inflamasi (antosianin) yang bisa menurunkan kadar asam urat Anda. Konsumsi buah ini juga bisa mencegah terjadinya penumpukan kristal pada persendian Anda.

Selain itu bisa menetralkan asam urat, mencegah peradangan dan nyeri di sendi. Tiap hari cukup mengonsumsi 200 gram ceri.

obat herbal asam urat  obat herbal asam urat buatan pabrik (sumber:sonherbal.com)

5. Jeruk nipis

Buah jeruk nipis mengandung asam sitrat yang bisa Anda gunakan melarutkan asam urat secara alami. Ya, Anda cukup minum satu gelas air perasan jeruk nipis per hari dua kali.

6. Ekstrak biji seledri

Ini juga cara mudah menurunkan asam urat Anda, mengonsumsi ekstrak biji seledri. Bisa dicoba.

7. Jus sayuran

Jus sayuran, misalnya, jus wortel dicampur dengan buah bit dan mentimun bisa Anda pilih. Ini juga efektif untuk menurunkan asam urat Anda.

8. Stroberi Cs

Anda bisa mengomsumsi buah stroberi, acai berry dan blueberry. Buah-buah kelompok berry ini mempunyai sifat anti-inflamasi yang bisa menurunkan asam urat Anda.

9. Cuka apel

Cuka apel 3 sendok teh dengan 8 ons air. Bisa diminum 2-3 kali sehari.

10. Kacang Pinto

Kacang pinto juga efektif untuk menurunkan asam urat karena kandungan asam folatnya tinggi.

11. Buah dan sayuran kaya vitamin C

Banyak buah yang kaya vitamin C. Misalnya, jambu, kiwi, jeruk nipis, jeruk, lemon, tomat dan sayuran berdaun hijau. Makanan ini bisa membuat kelebihan asam urat keluar dari tubuh Anda.

12. Makanan tinggi serat

Banyak makanan atau buah tinggi serat yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan asam urat Anda.
Misalnya, oats, brokoli, apel, jeruk, pir, stroberi, blueberry, mentimun, seledri, wortel, serat akasia, dan barley.

13. Pisang

Anda juga bisa menurunkan asam urat dengan mengonsumsi pisang. Makan 8 – 9 buah pisang per hari selama tiga-empat hari. Pembengkakan dan peradangan pada sendi akan turun.

14. Teh hijau

Minum teh hijau tiap hari, kadar kolesterol Anda akan turun.

15. Black plum

Black plum mengandung serat alami yang sangat baik untuk penderita asam urat.

16. Tomat, brokoli, dan mentimun

Setiap rumah tangga hampir pasti punya persediaan tomat dan brokoli. Sebab, keduanya merupakan kebutuhan untuk masak setiap saat atau setiap hari. Meskipun tidak setiap saat tersedia timun di rumah Anda, tetapi mencari mentimun juga sangat mudah. Harga ketiga tumbuhan obat itu juga sangat murah.

17. Cokelat hitam

Senyawa teobromin yang dikandungnya sangat baik untuk menjaga kadar asam urat Anda.

Ya, Anda bisa memilih makanan atau buah mana yang mudah Anda dapatkan untuk menurunkan asam urat Anda. Saat sakit, asam urat sangat menyiksa.

Apalagi, di sekitar sendi yang sakit juga bengkak dan merah, wooww.. sakitnya bukan main.

Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal asam urat. Anda tinggal membeli obat herbal asam urat di toko obat herbal atau di toko-toko online yang menjual obat herbal seperti gambar di atas.

Obat herbal asam urat bebas dari efek samping karena dibuat dari tumbuhan atau bahan herbal lain yang aman dan higienis. Harganya juga murah.

Anda juga bisa memanfatkan tumbuhan obat tradisional asam urat yang tumbuh di sekitar rumah Anda atau bisa Anda temukan di mana saja. Atau, Anda bisa membeli di pasar tradisional ataupun pasar swalayan. Misalnya, tanaman kumis kucing, daun salam, sambiloto, dsb.

Semoga artikel mengenai makanan penurun asam urat dan buah penurun asam urat ini bermanfaat. Anda bisa bebas dari derita asam urat.

One thought on “17 Makanan dan Buah Penurun Asam Urat, Anda Perlu Mengonsumsi Rutin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *