Hindari Makanan Pantangan, Cara Sukses Menyembuhkan Asam Urat

Posted on

MAKANAN Pantangan Asam Urat – Menghindari makanan pantangan atau makanan penyebab asam urat itu sangat penting. Cara itu akan mempercepat penyembuhan penyakit asam urat. Sebab, makanan penyebab adalah sumber penyakit. Sementara, obat adalah  nomor dua.

Ah, masakkk.. ! Ya, ini berdasarkan pengalaman menghadapi penyakit darah tinggi, maag dan kolesterol tinggi. Cara yang paling efektif untuk menurunkan ketiga penyakit tersebut ternyata diet, yaitu menghindari makanan pantangan atau makanan penyebab.

Saya punya teman. Pak Kasmir namanya. Suatu saat saya bersama dia menghadiri seminar di hotel terkenal di Jakarta.

Saat waktunya makan siang, saya bertanya kepala koki perihal bahan baku makanan yang disajikan siang itu. Apakah ada yang harus dihindari oleh penderita darah tinggi.

Mengetahui saya bertanya-tanya kepada koki penyedia makanan, Pak Kasmir mendekati saya dan berkata, “Mas, makan kok repot-repot. Makan saja apa yang diingini. Habis itu minum obat seperti saya.”

Seperti halnya saya, Pak Kasmir juga menderita darah tinggi. Bahkan, ia pernah dirawat di rumah sakit karena darah tingginya. Tentu saja saya tidak ikuti sarannya. Itu cara buruk dalam pengelolaan (manajemen) penyakit. Saya tetap ingin sehat.

Dokter saya meminta saya untuk diet sebagai upaya menurunkan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Betul juga. Saya sekarang bisa mengontrol dan menstabilkan kedua penyakit itu karena menjalani diet.

Jika Anda ingin menghindari penyakit asam urat, ya Anda harus menghindari makanan pantangan atau makanan penyebab asam urat. Atau makanan yang bisa menyebabkan asam urat karena kandungan zat purinnya tinggi.

asam urat tinggi aduhh.. kaki nggak bisa jalan … (sumber:gejalaasamurat.com)

Jadikan Diet Asam Urat sebagai Pilihan Utama

Bagaimana dengan cara penyembuhan penyakit seperti dikatakan teman saya, Pak Kasmir? Jika boleh saya menyarankan, Anda jangan tiru gaya teman saya itu.

Dua tahun setelah acara seminar bersama di Jakarta, Pak Kasmir dipanggil Tuhan. Beliau meninggal dalam usia 53 tahun. Semoga Tuhan mengampuni dosa-dosanya.

Kembali ke masalah penyakit asam urat. Menghindari makanan penyebab bagi penderita penyakit asam urat atau penyakit apa pun sangat penting. Cara itu bisa menjadi terapi utama. Sementara, minum obat adalah penyembuh kedua.

Apa artinya? Dalam penyembuhan penyakit asam urat, prioritas utama adalah diet, yaitu menghindari makanan penyebab asam urat. Penyembuhan dengan diet ini lebih penting karena ia menyembuhkan sampai ke akar-akarnya. Bukan hanya membuang batang dan ranting-rantingnya.

Intinya, jika Anda minum obat asam urat, jangan lupa hindari juga makanan penyebab asam urat. Semua pantangan asam urat harus Anda jauhi.

Jangan hanya minum obat saja. Sebab, jika Anda minum obat tetapi masih mengonsumsi makanan penyebab asam urat, ya obatnya percuma saja. Minum obat tidak ada gunananya. Setidaknya, daya sembuhnya tidak bisa maksimal.

Untuk sementara, mungkin asam urat Anda sembuh karena Anda obati. Tetapi, tidak lama kemudian, penyakit itu kambuh lagi. Atau Anda sudah minum obat, sakit tak segera sembuh.

Apa penyebabnya? Ya, karena Anda masih mengonsumsi makanan penyebab asam urat. Ini yang membuat zat asam urat dalam darah Anda berlebihan.

Bahkan, kelebihan zat asam urat bisa menjadi kristal-kristal tajam yang menusuk-nusuk sendi. Sebagian anggota badan seperti kaki, tangan, ada yang bengkak. Anda pun tidak bisa bekerja, tidak bisa masuk kantor, tidak bisa kemana-mana.

Kaki Anda tidak bisa untuk jalan sampai beberapa hari (2 – 10 hari). Asam urat sembuh setelah Anda minum obat.

Ya, kunci untuk penyembuhan penyakit asam urat adalah diet makanan penyebab asam urat. Atau, hindari pantangan asam urat.

Makanan apa saja yang harus dihindari oleh penderita asam urat?

Banyak. Tetapi, jangan dibayangkan jumlahnya. Karena sesungguhnya, Anda hanya menghindari beberapa saja. Lainnya, Anda menghindari secara otomatis karena sejak dulu tidak pernah mengonsumsi makanan larangan itu.

Ini perlu saya sampaikan supaya Anda tidak “grogi” melihat jumlah makanan pantangan asam urat yang cukup banyak dan akhirnya Anda malas diet.

Hakikatnya Anda hanya perlu menghindari beberapa makanan saja. Itu pun tidak sepenuhnya, terutama setelah kadar asam urat Anda turun.

Anda bisa mengonsumsi makanan larangan setelah sakit Anda sembuh total. Tetapi makannya sedikit saja. Juga jangan terlalu sering. Nanti asam urat Anda bisa kambuh lagi.

Yang jelas, diet asam urat sangat penting untuk penyembuhan sakit Anda dalam jangka waktu yang sangat lama. Bukan satu tahun atau dua tahun, tetapi selama hayat dikandung badan.

Jika ada makanan favorit yang harus dihindari, ya cari penggantinya yang lebih sehat. Apalagi, makanan dengan kandungan asam urat tinggi. Anda harus benar-benar menghindarinya.

Sebab, sehat lebih utama daripada makanan yang paling Anda sukai. Sehat adalah kekayaan Anda yang paling berharga.

Usaha lain, kurangi konsumsi makanan berlemak. Lemak berlebihan juga bisa menjadi sumber banyak penyakit, bukan hanya asam urat, tetapi kolesterol, darah tinggi, sakit jantung, dsb.

Minum air putih juga sangat penting. Setidaknya, minum 2,5 liter perhari. Pengaruhnya sangat bagus untuk kesehatan Anda.

Nama Makanan Asam Urat

(mg/100g)

Nama Makanan  Asam Urat

(mg/100g)

Kafein coklat 2300 Udang 234
Limpa domba/kambing   773 Biji melinjo 222
Hati Sapi   554 Daging kuda 200
Ikan sarden  480 Kedelai/kacang2-an 190
Jamur kuping  448 Dadang ayam + kulit 175
Limpa sapi  444 Daging ayam 169
Daun melinjo 366 Daging angsa 165
Paru-paru sapi 339 Lidah sapi 160
Kangkung, bayam 190 Ikan kakap 160
Ginjal sapi 269 Tempe 141
Jantung sapi 256 Daging bebek 138
Hati ayam 243 Kerang 136
Jantung Kambing 241 Undang lobster 118
Ikan teri 239 Tahu 109

Pada tabel di atas adalah daftar makanan yang harus Anda hindari beserta kandungan asam urat yang tinggi. Tentu saja, belum semua makanan yang mengandung asam urat tinggi tercantum di sini.

Silakan Anda menambahkan di kolom komentar, nanti saya masukkan dalam daftar makanan penyebab asam urat.

Daftar Makanan yang Mengandung Asam Urat Tinggi dan Harus Anda Hindari

kegemukanhindari kegemukan, bisa menyebabkan asam urat (sumber:gardeingctr.com

Berikut ini adalah catatan singkat untuk beberapa makanan yang mengandung asam urat tinggi sehingga Anda perlu menghindarinya atau perlu melakukan diet asam urat.

Anda siap untuk melakukan diet asam urat? Jika siap berarti siap untuk selalu sehat dan terhindar dari sakit asam urat. Saya berharap Anda mampu melakukan diet asam urat dengan menghindari makanan penyebab asam urat.

1. Jeroan

Anda sebaiknya menghindari makan jeroan seperti usus, babat, otak, hati, paru-paru dan organ binatang lainnya. Saya sudah sepuluh tahun menghindari konsumsi jeroan, baik jeroan kambing, sapi, ayam atau lainnya. Ya, saya tetap merasa nyaman. Jeroan mengandung asam urat yang tinggi. Hati-hati.

2. Ikan

Tidak semua ikan mengandung asam urat tinggi. Hanya beberapa saja, yaitu ikan sarden, herring, teri dan makerel, tenggiri, dan ikan kembung. Kadar asam uratnya juga tinggi sehingga bisa menjadi penyebab asam urat.

3. Ekstrak Daging

Ekstrak daging adalah suatu bubuk yang biasa dibuat menjadi kaldu bila dicampurkan dengan air. Makanan ini memang tidak begitu populer. Namun, beberapa penelitian menyatakan bahwa ekstrak daging mengandung kadar asam urat sangat tinggi sehingga Anda harus menghindari.

3. Kerang

Semua macam kerang memproduksi asam urat tinggi. Maka, Anda perlu menghindari makanan ini karena kerang adalah makanan penyebab asam urat.

4. Alkohol

Anda harus menghindari alkohol dalam bentuk apa saja. Contohnya, alkohol asli dan makanan yang fragmentasinya menggunakan alkohol.

5. Makanan Menggunakan Ragi

Ragi biasa digunakan untuk campuran membuat makanan seperti tape. Tape ketela, tape ketan, dsb. Pembuatannya menggunakan tepung ragi. Anda yang punya sakit asam urat harus hati-hati. Ragi mengandung asam urat tinggi. Ini berarti Anda jangan makan tape atau lainnya. Semua adalah penyebab asam urat.

Makanan Mengandung Asam Urat Sedang

Berikut ini adalah makanan mengandung zat asam urat sedang. Anda boleh mengonsumsi makanan ini. Tetapi, jangan terlalu sering dan sedikit saja. Jika terlalu sering, makanan itu bisa menjadi makanan penyebab darah tinggi.
.

1. Semua daging

Anda bisa mengonsumsi daging apa saja, daging merah atau putih (ayam). Tetapi, jangan banyak dan jangan terlalu sering. Daging juga mengandung asam urat, tetapi tidak tinggi alias sedang.

2. Semua Makanan Laut

Sebenarnya makanan laut juga mengandung asam urat. Namun, kadarnya sedang sehingga masih aman untuk Anda. Syaratnya adalah Anda makan sedikit saja dan tidak terlalu sering. Biar sedikit, tetapi Anda harus selalu hati-hati. Jangan makan sedikti tetapi beberapa kali. Ya, sama saja bohong. Nggak boleh seperti itu.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kangkung, bayam dan sayuran lain seperti kacang-kacangan dan jamur mengandung asam urat dalam jumlah sedang. Ada penelitian yang mengatakan sayuran tidak mengandung asam urat. Tetapi, banyak ahli menyatakan sayuran punya kandungan asam urat, meski dalam jumlah sedang.

Hindari Darah Tinggi dan Kegemukan

Ada juga penderita asam urat diakibatkan oleh darah tinggi. Tentu saja, tidak semua orang seperti itu.
Jika Anda penderita darah tinggi sekaligus penderita asam urat, maka turunkan dulu hipertensi (darah tinggi) Anda. Setelah darah tinggi turun, Anda akan mudah menurunkan kadar asam urat.

Atau sebaliknya, dengan darah normal, asam urat Anda juga akan normal. Ini tidak sulit karena sebagian makanan pantangan untuk asam urat juga sama dengan makanan pantangan bagi penderita darah tinggi.

Baca Juga: 7 Obat Herbal Paling Populer untuk Darah Tinggi

Demikian artikel mengenai Menghindari Makanan Penyebab Asam Urat Kunci Sukses Hidup Sehat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua. Silakan bagi artikel tentang penyebab asam urat ini kepada rekan dan kenalan Anda. Terima kasih banyak.

2 thoughts on “Hindari Makanan Pantangan, Cara Sukses Menyembuhkan Asam Urat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *