Makanan Terbaik untuk Orang yang Mengidap Darah Tinggi

Posted on

ANDA menderita darah tinggi? Jika ya, harap hati-hati. Sebaiknya Anda selalu mengonsumsi makanan untuk orang darah tinggi. Artinya, makanan yang sangat baik untuk penderita darah tinggi karena makanan itu berkhasiat menurunkan tensi darah tinggi.

Ini sangat penting. Banyak penderita darah tinggi akhirnya menderita stroke karena mengabaikan masalah makanan. Bahkan, sakit stroke berlangsung tahunan. Jika sudah begitu, harapan sembuh sangat tipis.

Selama bertahun-tahun, mereka hanya duduk di atas kursi roda. Atau, bahkan hanya tiduran di tempat tidur. Mereka malas berjalan-jalan keluar. Apalagi, kalau keluarga juga sudah jenuh dan malas membantu penderita stroke untuk jalan-jalan.

Harapan untuk sembuh dari sakit pun pupus. Mereka dan keluarga menyerah. Mereka tak punya semangat lagi untuk menyembuhkan penderita. Semua mereka serahkan kepada keputusan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Itu yang mereka bisa lakukan.

Oleh karena, cara yang terbaik untuk penderita darah tinggi adalah selalu mengonsumsi makanan sehat. Yaitu, makanan untuk darah tinggi.

Turunkan Tensi Anda sampai ke Posisi Tekanan Darah Normal

makanan untuk orang darah tinggibuah penurun darah tinggi (sumber:gnjellygamat.net)

Tentu saja, Anda yang sekarang menderita penyakit darah tinggi atau hipertensi tidak ingin seperti itu. Yakni, terkena sakit stroke. Anda tetap ingin kembali sehat, bebas dari darah tinggi. Saya yakin itu.

Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa terhindar dari stroke? Apa yang harus Anda lakukan?

Caranya tidak lain Anda harus terus-menerus berusaha menurunkan tekanan darah tinggi . Anda harus berusaha membuat tensi Anda menjadi tekanan darah normal. Jika belum mencapai tensi normal, Anda tidak boleh berhenti berusaha.

Ini harus menjadi tekad yang tidak boleh ditawar-tawar lagi. Anda harus rajin mengecek berapa tensi Anda. Jika belum mencapai normal, Anda harus selalu berusaha menurunkannya sampai menjadi normal.

Jika tensi darah Anda sudah normal, Anda harus menjaganya jangan sampai kembali naik. Apalagi naik sampai tinggi. Misalnya, sampai 200/110 mmHg. Anda bisa langsung kena stroke.

Salah satu cara ampuh untuk membuat tensi darah Anda bisa normal adalah hanya mengonsumsi makanan untuk orang darah tinggi. Yaitu, makanan yang aman bagi penderita darah tinggi. Makanan yang tidak menyebabkan tensi darah Anda naik.

Bersamaan dengan itu, Anda harus mengonsumsi makanan penurun darah tinggi. Menghindari makanan penyebab darah tinggi dan mengonsumsi makanan penurun darah tinggi adalah kunci sukses untuk membuat tensi darah Anda normal.

Jika Anda bisa menjalankan dua hal ini dengan baik, Anda bisa membuat diri Anda kembali sehat. Anda tidak dihantui lagi oleh tensi tinggi atau penyakit stroke.

Hanya saja, upaya membuat tekanan darah normal ini memerlukan usaha yang sungguh-sungguh. Ini bukan perkara mudah. Apalagi, darah tingginya sudah berlangsung lama.

Tetapi tak perlu khawatir. Yang penting, Anda berusaha menurunkan tensi darah dengan sungguh-sungguh. Anda jangan berhenti sebelum tekanan darah Anda mencapai posisi normal.

Tekanan darah tinggi normal adalah di bawah 140/100 mmHg. Lebih tinggi dari angka itu berarti Anda menderita darah tinggi. Paling bahaya jika tensi Anda mencapai 200/110 mmHg lebih. Banyak orang terkena stroke dengan tensi darah seperti itu.

Maka, Anda sebaiknya selalu mengonsumsi makanan untuk darah tinggi. Atau makanan yang bisa menurunkan darah tinggi. Termasuk minuman dan buah. Anda harus lebih banyak makan buah yang bisa menurunkan darah tinggi. Atau minum minuman yang bisa menurunkan darah tinggi.

Di sisi lain, Anda harus menghindari konsumsi makanan, minuman dan buah penyebab darah tinggi. Ini harus mendapatkan perhatian yang sangat besar dari Anda.

Jangan sembrono atau dengan mudah melanggar larangan ini. Apalagi, ketika tensi darah Anda sangat tinggi. Misalnya, 190/100 mmHg. Anda harus benar-benar menghindari makanan, minuman dan buah penyebab darah tinggi.

Jika tidak, penyakit stroke sudah mengintai Anda.

Jenis Makanan Menurunkan Darah Tinggi

Berikut ini daftar makanan terbaik untuk penderita darah tinggi atau makanan untuk orang darah tinggi. Anda bisa memilih makanan mana yang ingin Anda konsumsi untuk menurunkan darah tinggi atau membuat tensi darah Anda selalu stabil. Bisa mengonsumsi satu atau beberapa makanan terbaik untuk kesehatan Anda.

Dikombinasi dengan mengonsumsi buah dan sayuran penurun darah tinggi, Anda bisa sukses membuat teksi darah Anda selalu normal. Posisi tekanan darah normal sangat penting supaya Anda tetap sehat dan bebas dari risiko kena stroke, sakit jantung, dsb.

Yang penting adalah Anda harus selalu konsisten menurunkan tensi darah Anda. Lakukan semuanya dengan maksimal dan sepenuh hati. Anda akan bebas dari jeratan penyakit darah tingggi atau hipertensi.

Beberapa makanan menurunkan darah tinggi adalah:

1.Coklat pahit, mengandung antioksidan yang tinggi sehingga efektif untuk menurunkan darah tinggi.

2. Yoghurt, selain kadar lemaknya rendah, makanan ini berkhasiat menurunkan darah tinggi karena kandungan magnesium, kalium dan kalsiumnya cukup tinggi.

3. Susu skim bebas lemak, mengandung kalsium dan vitamin D yang sangat baik untuk menurunkan darah tinggi.

4. Ikan salmon, kandungan asam lemak omega3 yang tinggi dapat menstabilkan tekanan darah Anda.  Selain itu bisa mencegah stroke dan menurunkan kolesterol tinggi.

5. Oatmeal, sangat baik untuk sarapan. Bisa untuk memperlancar peredaran darah dan menjaga kesehatan jantung.

6. Roti gandum, sangat bagus untuk menurunkan darah tinggi. Bisa dikonsumsi untuk sarapan pagi sebagai pengganti nasi.

7. Minyak zaitun, mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa untuk menurunkan darah tinggi.

Lebih jauh baca: 12 Makanan Penurun Darah Tinggi Favorit Saya.

Mengonsumsi Makanan Penyebab Tekanan Darah Tinggi

makanan penyebab darah tinggikuning telur, Anda sebaiknya mencegah mengonsumsinya (sumber:sidomi.com)

Ya, dari pengalamam saya menderita darah tinggi lebih dari 25 tahun, mengonsumsi makanan pantangan darah tinggi adalah penyebab utama naiknya tensi darah saya.

Semua kejadian tensi tinggi hingga harus istirahat di tempat tidur adalah akibat mengonsumsi makanan pantangan darah tinggi atau mengonsumsi makanan penyebab darah tinggi.

Ada makanan yang menyebabkan tensi naik sangat tinggi, naik sedang atau naik sedikit. Tergantung pada jenis makanan yang saya konsumsi.

Bagi saya, upaya menurunkan darah tinggi yang utama adalah mengonsumsi makanan untuk orang darah tinggi. Antara lain makanan dengan kandungan kalium yang tinggi. Misalnya, kacang-kacangan, kentang, pisang, dsb. Atau buah-buahan dan tinggi serat.

Jangan sebaliknya, mengonsumsi makanan yang menyebabkan darah tinggi. Setidaknya ada 33 makanan penyebab darah tinggi yang harus Anda hindari.

Kini, tugas Anda adalah mencatat makanan apa saja yang bisa menyebabkan darah tinggi. Tempelkan daftar makanan pantangan itu di meja makan biar Anda selalu ingat terhadap makanan larangan itu.

Baca Lengkap:

Ya, lakukan bertahap. Tidak perlu harus sekaligus. Pengalaman saya, misalnya, saat saya mulai menghindari aneka gorengan. Dulu, rasanya sulit makan tanpa aneka gorengan. Atau makan cemilan tanpa makanan gorengan.

Tetapi, secara bertahap akhirnya kini bisa meninggalkan makanan aneka gorengan. Makanan aneka gorengan diganti dengan aneka rebusan. Tahu rebus, tempe rebus, ketela rebus, pisang rebus, dsb.

Dulu, menghindari makanan roti yang produksinya menggunakan kuning telur juga sulit. Tetapi, secara bertahap, kini sangat jarang mengonsumsi roti lezat yang pembuatannya menggunakan banyak kuning telur.

Minuman, dulu rasanya sulit untuk tidak mengonsumsi minuman teh manis. Tiap pagi, siang, sore, malam, dulu selalu minuman teh manis. Minuman kopi sudah lama saya tinggalkan sebelumnya.

Kini terkadang masih mengonsumsi minuman teh, tetapi rendah gula. Itu pun tidak setiap hari. Minuman utama adalah air putih. Konsumsinya juga diperbanyak. Selain sehat untuk darah tinggi, memperbanyak minum air putih juga bisa menghindarkan Anda dari sakit batu ginjal atau kencing batu.

Bagaimana dengan Konsumsi Obat Darah Tinggi?

Tentu saja, mengonsumsi obat darah tinggi juga sangat penting, terutama obat resep dokter. Ini bisa menjadi penolong pertama untuk mempercepat turunnya darah tinggi Anda.

Tetapi, jika Anda sudah berpengalaman menangani penyakit darah tinggi, Anda bisa membuat obat darah tinggi resep dokter bukan sebagai terapi utama, melainkan sebagai terapi pendukung.

Yang utama adalah diet sehat untuk hipertensi atau diet hipertensi dengan menghindari makanan dan minuman penyebab darah tinggi dan memperbanyak konsumsi makanan minuman penurun darah tinggi seperti diuraikan di atas.

Mengapa demikian? Karena konsumsi makanan minuman lebih alami dan bebas dari efek samping. Sama dengan minum obat herbal darah tinggi yang dibuat dari tanaman atau buah obat. Itu juga bebas efek samping. Sementara, obat kimiawi resep dokter punya efek samping.

Saya pernah minum obat darah tinggi resep dokter. Meskipun saya tidak minum obat darah tinggi terus-menerus, saya menderita radang tenggorokan. Tidak tahan karena radang tenggorokan membuat saya menderita batuk yang kadangkala sangat menjengkelkan, akhirnya saya berganti obat.

Meskipun sudah tiga tahun berhenti mengonsumsi obat hipertensi itu, radang tenggorokan belum bisa 100% hilang. Maka, batuk akibat tenggorokan gatal masih saja muncul.

Mengonsumsi obat herbal darah tinggi bisa mencegah terjadinya efek samping. Meskipun kerja obat herbal tidak secepat obat resep dokter. Di sinilah, diet hipertensi sangat menguntungkan. Bisa membantu mempercepat penyembuhan sakit darah tinggi atau menurunkan tekanan darah Anda menjadi normal.

Demikian artikel mengenai makanan untuk orang darah tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *