Manfaat Buah Pisang: Menyembuhkan Darah Tinggi, Anemia, Sakit Jantung…

Posted on

SIAPA yang tidak suka makan buah pisang? Semua orang suka. Tetapi, tahukah Anda tentang manfaat buah pisang untuk menurunkan darah tinggi (hipertensi), mengobati penyakit anemia (kurang darah), mencegah sakit jantung, menurunkan berat badan, dsb?

Ya, banyak sekali manfaat pisang untuk membuat tubuh Anda selalu sehat. Bisa bebas dari berbagai penyakit seperti disebutkan di atas. Tentu saja, Anda perlu mengonsumsi buah pisang secara teratur supaya mampu membantu penurunan darah tinggi, mengatasi kurang darah, dsb.

Bahkan, bagi ibu hamil, mengonsumsi pisang bisa membantu untuk mencegah janin yang dikandungnya lahir dengan kondisi cacat. Selain itu, mengonsumsi pisang juga bisa membantu pembentukan sel-sel baru.

Dengan mengonsumsi buah pisang, kebutuhan asam folat sekitar 58 mikrogram bagi ibu hamil bisa terpenuhi. Satu buah pisang mengandung sekitar 85 – 100 kalori.

Manfaat buah pisang lainnya untuk ibu hamil adalah menjaga kadar gula darah yang bisa mengurangi morning sick. Oleh karena itu, buah pisang bisa menjadi camilan yang sangat baik bagi ibu hamil.

Tentu saja, Anda sebaiknya mengolah buah pisang menjadi berbagai macam camilan agar tetap menarik dan menyenangkan. Hanya saja, manfaat terbesar dari buah pisang adalah pisang matang tanpa diolah menjadi camilan tertentu.

manfaat buah pisangsumber:sarankesehatan.com

Manfaat Pisang – Sumber Gizi yang Hampir Sempurna

Buah pisang memang sangat istimewa. Ia merupakan buah dengan sumber gizi yang hampir sempurna. Pisang mengandung enam nutrisi, yakni air, protein, gula, lemak, mineral dan vitamin.

Tentu saja, Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk mengonsumsi buah pisang tiap hari. Sebab, Indonesia merupakan negara ke-4 penghasil pisang terbanyak di dunia.

Di pasar tradisional, swalayan atau supermarket, Anda bisa menemukan buah pisang yang dijajakan dengan mudah. Harganya pun tidak mahal. Banyak jenis pisang yang bisa Anda peroleh.

Kandungan buah pisang terdiri dari air 68%. gula 25%, protein 2%, lemak dan minyak 1%, serta serat selulosa 1%. Kandungan lain adalah vitamin A, vitamin B dengan berbagai ragamnya seperti vitamin B1, B2, B6, B12, vitamin D, dan vitamin Z.

Pisang juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi, sodium, kalium, magnesium, dan seng. Dengan berbagai zat gizi yang dikandungnya, maka manfaat buah pisang sangat besar. Buah pisang bisa membantu meningkatkan kesehatan Anda dan menjaga kesehatan Anda dari kemungkinan terkena penyakit.

Beberapa manfaat kesehatan dari konsumsi buah pisang antara lain:

1. Membuat Tubuh Kebal dari Penyakit

Dengan mengonsumsi buah pisang secara teratur, kekebalan tubuh Anda untuk melawan berbagai infeksi akan meningkat. Ini berarti konsumsi buah pisang bisa mencegah berjangkitnya berbagai macam penyakitatau infeksi.

2. Menghindarkan Anda dari Darah Tinggi

Anda akan terhindar dari penyakit darah tinggi dengan mengonsumsi buah pisang secara teratur. Kandungan kalium dalam buah pisang akan membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah Anda bisa terkendali.

Kandungan serat dalam buah pisang juga mampu mengikat lemak sehingga bisa mencegah terbentuknya plak-plak dalam arteri. Dengan kondisi seperti itu (tanpa plak), aliran darah pembawa gizi dan oksigen ke otak dan jantung akan berjalan lancar. Anda pun bebas dari ancaman sakit darah tinggi (hipertensi).

pisang rebus

pisang rebus (sumber:petanimaco.tk)

3. Mencegah Sakit Jantung

Konsumsi pisang bisa membuat Anda akan terhindar dari penyakit jantung. Wooww.. Ya, betul. Sebab, pisang mengandung vitamin C dan flavonoid yang antioksidan sehingga bisa menghindarkan Anda dari penumpukan lemak yang dapat menyebabkan Anda terkena sakit jantung.

Kalium yang terkandung dalam buah pisang merupakan tonik yang baik bagi kesehatan jantung. Sementara, serat pektinnya bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi yang berarti menghindarkan Anda dari sakit jantung.

4. Membuat Janin dalam Kandungan Selalu Sehat

Mengonsumsi buah pisang sangat baik bagi ibu hamil. Kandungan asam folatnya cukup tinggi dan mudah diserap oleh janin yang Anda kandung.

National Institutes of Health merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi 3 – 4 buah pisang per hari. Pisang ukuran sedang mengandung 105 kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.

Kandungan asam folat berperan penting untuk perkembangan saraf, otak dan sumsum tulang belakang bayi dalam kandungan. Kekurangan asam folat bisa menyebabkan bayi lahir prematur dan berisiko lahir cacat.

5. Mencegah Ibu Hamil Kekurangan Darah

Banyak ibu hamil mengalami kekurangan darah. Ini terjadi karena mereka harus memenuhi kebutuhan dirinya dan bayi yang dikandungnya. Kurang darah atau penyakit anemia pada ibu hamil bisa menyebabkan:

  • Keguguran ( abortus )
  • Kelahiran prematur
  • Proses persalinan lama akibat kelelahan otot rahim
  • Perdarahan akibat tidak adanya kontraksi otot rahim ( atonia uteri )
  • Mengalami syok
  • Terjadi infeksi selama persalinan atau setelah persalinan
  • Hipoksia atau anemia berat yang bisa membuat ibu hamil syok dan meninggal ketika melahirkan.

manfaat pisang untuk ibu hamil

ibu hamil makan buah pisang (sumber:ibuhamil.id)

Rata-rata pisang mengandung 3% zat besi dari 225 gram pisang. Zat besi dalam pisang dapat menghasilkan hemoglobin (sel darah merah) sehingga menyembuhkan sakit anemia Anda.

6. Menyembuhkan Sakit Asam Lambung

Konsumsi pisang sangat baik untuk penderita asam lambung. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa hewan yang diberi makan pisang, dinding lambungnya lebih kuat. Jika Anda memiliki penyakit lambung, bisa mencoba konsumsi pisang, utamanya pisang raja yang sangat manis.

Pisang dengan vitamin B6-nya juga bisa meredakan penyakit diare dan melancarkan buang air besar.

7. Bisa Menurunkan Berat Badan

Anda juga mengonsumsi pisang untuk menurunkan berat badan. Karbohidrat kompleks yang dikandungnya tidak akan menaikkan kadar glukosa Anda secara drastis.

Selain itu, pisang juga rendah lemak sehingga cocok untuk Anda yng berusaha menurunkan berat badan.

Tetapi, Anda jangan mengonsumsi pisang goreng, kolak pisang dan pisang diolah dalam bentuk banana milk shake. Anda bisa mengonsumsi pisang yang sudah matang (menguning kulitnya), dipanggang atau ditumis.

Demikian sedikit manfaat buah pisang untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang Anda derita. Sangat baik jika Anda mengonsumsi untuk mencegah berbagai penyakit yang mungkin terjadi pada tubuh Anda. Dengan cara ini, Anda akan selalu sehat. Anda bisa bebas dari ancaman banyak penyakit.

Sesungguhnya masih ada beberapa manfaat buah pisang yang bisa Anda dapatkan. Misalnya, mencegah penyakit hati (liver), penyakit hepatitis, mengobati jerawat, menghaluskan kulit wajah, mengobati sakit maag, dsb.

Yang penting, sering-seringlah mengonsumsi buah pisang biar Anda selalu sehat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *