Manfaat Daun Sirsak, Menyembuhkan Penyakit Stroke dan Kanker

Posted on

DENGAN minum rebusan daun sirsak, teman saya bisa sembuh dari penyakit stroke. Kini, dia bisa beraktivitas seperti biasa. Itu cerita tentang manfaat daun sirsak untuk mengobati penyakit stroke.

Yang bercerita adalah Bapak Joko Waluyo, tetangga saya yang juga menderita sakit stroke ringan sejak satu setengah tahun lalu. Dia pun sekarang mencoba minum rebusan daun sirsak untuk menyembuhkan sakit strokenya. Sudah tiga pekan ini dia minum rebusan daun sirsak seperti dilakukan oleh temannya.

Caranya, ambil 5, 7, atau 9 daun sirsak. Ya, jumlahnya harus ganjil. Berapa saja bisa. Dia tak tahu alasan rasionalnya. Pokoknya ikut saja. Setelah dicuci, daun sirsak direbus dengan air tiga gelas.

Setelah air mendidih dan air tinggal sepertiganya, rebusan daun sirsak diangkat. Lalu, air disaring. Bisa diberi gula jawa atau gula merah biar rasa air rebusan daun sirsak tidak terlalu pahit.

Setelah air rebusan dingin bisa diminum. Anda bisa minum dua kali sehari. Kata Bapak Joko, dengan minum air rebusan daun sirsak seperti itu, temannya bisa sembuh dari penyakit stroke yang dideritanya.

Kini, teman Bapak Joko itu bisa beraktivitas kembali seperti sebelum kena sakit stroke. Itulah manfaat daun sirsak bagi kesehatan, khususnya penyembuhan darah tinggi dan stroke.

Pertanyaannya, benarkah rebusan daun sirsak bisa menyembuhkan stroke, darah tinggi, kanker dan banyak penyakit lainnya? Apa kata dokter, adakah hasil penelitian untuk itu?

Ya, baca terus artikel ini dan Anda akan menemukan jawabannya.

manfaat daun sirsakmanfaat daun sirsak, menyembuhkan banyak penyakit (sumber:disehat.com)

Manfaat Daun Sirsak untuk Membunuh Berbagai Sel Kanker

Ya, daun sirsak memang merupakan salah satu tanaman obat yang mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya untuk pengobatan penyakit stroke, daun sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan darah tinggi, kolesterol dan kanker, dsb.

Ada yang menyebut bahwa ada 61 manfaat daun sirsak sebagai obat alami. Ada juga yang menyebut ada 45 manfaat, 41 manfaat, dan seterusnya. Jadi, manfaat daun sirsak bagi kesehatan sangat besar.

Kenyataannya, banyak orang telah berhasil menyembuhkan sakit mereka dengan minum ramuan daun sirsak. Bahkan, ada pasien kanker membatalkan rencana operasi yang telah dijadwal oleh dokter rumah sakit karena sakit kankernya telah sembuh berkat minum rebusan daun sirsak.

Manfaat daun sirsak untuk kanker diakui oleh banyak pihak. Ada juga dokter yang meresepkan daun sirsak untuk mengobati 19 jenis kanker yang diderita pasiennya. Dia adalah dr Paulus Wahyudi Halim Med Chir, mantan Direktur Rumah Sakit Sitanala Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

“Kondisi pasien yang minum ramuan daun sirsak membaik,” kata dokter alumnus Universitas Degli Studi Padova, Italia, itu.

Dokter Paulus meresepkan ekstrak daun sirsak dalam bantuk kapsul ini mulai tahun 2002. Setidaknya ada 19 jenis penyakit kanker yang diderita pasiennya ia berikan resep pengobatan dengan ekstrak daun sirsak. Misalnya, kanker payudara, kanker usus, dan kanker paru-paru.

Paulus adalah dokter ahli bedah dan penyakit lepra. Hampir 80% pasiennya adalah penderita kanker yang datang dari berbagai kota. Bukan hanya dari Tangerang. Oleh karena itu, ia punya otoritas untuk bicara tentang pengobatan penyakit kanker, termasuk pengobatan kanker dengan mengonsumsi ekstrak daun sirsak.

Dalam daun sirsak terkandung setidaknya 34 senyawa sitoksik. Kegunaan senyawa itu untuk membunuh sel-sel tubuh yang tumbuh secara abnormal (sel kanker).

khasiat daun sirsak(sumber:hli.web.id)

Senyawa bisa berfungsi dengan baik dan efektif membunuh sel kanker. Selain itu, juga aman tanpa menimbulkan rasa mual dan muntah pada orang yang mengonsumsinya.

Daun sirsak memang mengandung zat yang bisa membunuh sel-sel kanker dari substansi adriamisin 10.000 kali lebih kuat dari zat lainnya.

Misalnya, ramuan daun sirsak membunuh sel kanker usus besar, tiroid, prostat, paru-paru, kanker payudara, penyakit pankreas dan penyakit mematikan lainnya.

Sebagian orang mencampur ramuan daun sirsak dengan tanaman herbal lain dan ada yang khusus minum rebusan daun sirsak.

Ya, manfaat daun sirsak sangat hebat. Daun sirsak obat kanker yang cukup ampuh. Ya, manfaat dan khasiat daun sirsak bagi kesehatan cukup besar.

 3 Bulan Minum Rebusan Daun Sirsak, Kanker Prostat Mulai Membaik

Pengalaman lain tentang manfaat daun sirsak disampaikan oleh penderita kanker prostat metastase tulang. Penderita ini sesungguhnya sudah berobat secara medis. Tetapi, ia ingin menjalani pengobatan alternatif. Akhirnya, ia mencoba konsumsi ramuan daun sirsak.

Untuk itu, ia membeli tanaman sirsak. Setidaknya ada 12 pohon sirsak yang dia beli. Dengan 12 pohon sirsak, ia bisa membuat ramuan daun sirsak tiap hari. Setiap hari ia minum rebusan daun sirsak 2 kali, yaitu pagi dan sore.

Rebusan daun sirsak ia beri gula aren sebelum diminum biar rasanya nyaman. Jangan gunakan tambahan gula pasir karena gula pasir tidak baik dikonsumsi untuk kesehatan. Selain itu, rebusan daun sirsak jangan disimpan di kulkas lebih dari 12 jam. Bau dan rasanya tak enak.

Setelah 3 bulan mengonsumsi rebusan daun sirsak, dokter menghentikan terapi hormon yang ia jalani. Dokter menyatakan sudah cukup karena sakit kankernya mulai membaik. Dokter hanya memantaunya.

Efek samping yang dirasakan dengan minum rebusan daun sirsak adalah badan terasa agak hangat, sering merasa haus di malam hari dan marasa kenyang untuk waktu yang agak lama (tidak mudah merasa lapar). Rambut hitam kembali tumbuh di kepalanya. Sebelumnya rambut kepala telah memutih (ubanan).

Dokter yang telah melakukan penelitian secara khusus terhadap manfaat daun sirsak untuk menyembuhkan penyakit seperti kanker adalah Dr dr Lili Indrawati, MKes, staf pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia.

Penelitian dilakukan terhadap 30 pasien kanker kolorektak yang sudah menjalani operasi dan masih dalam perawatan. Penelitian dilakukan dengan memberi minuman dari rebusan daun sirsak, sehari 7 gelas rebusan daun sirsak kepada 15 pasien. Ke-15 pasien lainnya diberi placebo dari jagung.

Setelah penelitian berjalan dua bulan, hasilnya menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi rebusan daun sirsak, pertumbuhan sel kankernya terhambat sampai 17%.

“Hasil ini terlihat pada pasien kanker stadium dini, stadium 1, 2, dan stadium 3 awal,” kata Dr dr Lili Indrawati. Tetapi, Lili mengingatkan bahwa obat herbal sebaiknya digunakan sebagai pengobatan penunjang (komplemen), bukan pengobatan utama.

Tidak hanya daun sirsak. Buah sirsak juga punya khasiat besar untuk mengobati sakit kanker, seperti kanker usus besar (colon), kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker prostat dan juga kanker buah dada (payudara).

Khasiat Daun Sirsak untuk Menurunkan Darah Tinggi dan Stroke

teh daun sirsak

Bagaimana dengan penyakit stroke seperti telah disinggung pada awal artikel ini? Daun sirsak memiliki kandungan zat yang sangat lengkap untuk mengobati penyakit stroke.

Demikian juga untuk penyakit darah tinggi atau hipertensi. Khasiat daun sirsak untuk darah tinggi tidak perlu diragukan lagi. Anda yang mempunyai penyakit darah tinggi bisa mencobanya dengan minum ramuan daun sirsak.

Kandungan daun sirsak antara lain zat fruktosa, lemak, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, senyawa golongan tanin, fitosterol, alkaloida dan asetogenin.

Zat-zat itu bisa bekerja secara sinergis untuk memperbaiki dan menjaga kondisi kesehatan tubuh Anda. Antara lain punya manfaat untuk mengobati stroke, menyembuhkan asam urat dan diabetes (kencing manis).

Dengan minum air rebusan daun sirsak secara teratur, tensi darah tinggi Anda bisa turun. Banyak konsumen telah mencoba khasiat daun sirsak untuk darah tinggi dan hasilnya sangat efektif. Banyak dari mereka yang menyatakan sukses menurunkan darah tinggi atau hipertensi berkat khasiat daun sirsak.

Manfaat lain dari daun sirsak adalah menurunkan kolesterol tinggi. Bagi Anda yang punya gangguan kolesterol tinggi, bisa mencoba manfaat daun sirsak ini. Cara merebusnya tidak sulit kok.

Yang terpenting khasiatnya. Bisa menurunkan darah tinggi dan kolesterol tinggi Anda. Bahkan, juga bisa menyembuhkan penyakit stroke Anda seperti dilakukan oleh teman Bapak Joko Waluyo yang saya singgung di awal artikel ini.

Bagaimana cara membuat air rebusan daun sirsak? Tampaknya tidak ada rumus atau resep baku. Banyak herbalis mengajukan rumusan berbeda.

Teman Bapak Joko menggunakan aturan jumlah daun harus ganjil. Tetapi, yang lainnya meminta jumlah daun genap.

Misalnya, untuk menurunkan darah tinggi, Anda perlu merebus 10 lembar daun sirsak bersama daun salam secukupnya dengan 4 gelas air. Bisa ditambah dengan sedikit garam dan madu. Tunggu hingga air tinggal 2-3 gelas.

Atau rebusan daun sirsak tanpa campuran lainnya. Ya, tak ubahnya seperti membuat minuman teh sirsak.

Anda bisa minum air rebusan daun sirsak 2-3 kali sehari. Tentu saja, sampai tekanan darah tinggi Anda turun. Anda siap untuk mencobanya?

Coba saja. Anda minum rebusan daun sirsak dua atau tiga kali tiap minggu atau tiap hari. Siapa tahu rebusan daun sirsak itu benar-benar membuat Anda lebih sehat. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan sangat besar dan nyata.

Tersedia Beberapa Obat Herbal Daun Sirsak

khasiat daun sirsak

daun sirsak kering untuk membuat teh kepyur (foto tokopedia.com)

Tetapi, jika Anda ingin minum ekstraks daun sirsak yang sudah jadi dalam bentuk obat herbal daun sirsak, Anda bisa membelinya di toko-toko obat herbal, offline atau online. Banyak obat herbal daun sirsak dijual dengan harga bervariasi.

Banyak penjual menggunakan merek Herba Daun Sirsak atau Daun Sirsak saja.

Misalnya, Obat Herbal Ekstrak Manggis & Daun Sirsak – Natural Remedies; Ace Max’s Ace Max Antioksidan Obat Herbal Kulit Manggis dan Daun Sirsak Anti Kanker; HIU Herba Tunggal Obat Herbal Daun Sirsak – 60 Kapsul; Daun Sirsak (Obat Kanker Diabetes), dsb.

Anda bisa memilih obat herbal daun sirsak mana yang Anda suka. Yang terpenting manfaat daun sirsak bagi kesehatan Anda. Artinya, Anda bisa menyembuhkan sakit Anda dengan konsumsi ekstrak daun sirsak.

Ada juga yang berbentuk teh, seperti teh celup ataupun teh kepyur. Anda bisa memilih sesuka Anda. Harganya pun tidak mahal alias murah. Cara membuat minuman teh daun sirsak, ya seperti membuat minuman teh biasa.

Tuangkan air panas di gelas atau teko. Masukkan satu kantung teh celup daun sirsak untuk minuman gelas, dan 2 atau 3 kantung teh celup daun sirsak untuk minuman di teko. Setelah air minuman agak dingin, Anda bisa meminumanya, pagi dan sore.

Beberapa manfaat daun sirsak lainnya adalah:

1. Mengobati sakit punggung – rebus 20 lembar daun sirsak dan minum sekali tiap hari.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh – cukup rebus 4 – 5 lembar daun sirsak dan minum ramuan itu sekali tiap hari.

3. Menyembuhkan eksim dan rematik – ambil beberapa daun dan haluskan, lalu oleskan pada bagian tubuh yang terkena eksim atau rematik.

4. Menghambat bakteri, virus, dan parasit. Bahkan, daun sirsak juga bisa melawan tumor, menyembuhkan peradangan, kaki bengkak, demam, dsb.

5. Membersihkan ketombe, kutu rambut, dan menghambat pertumbuhan parasit di kulit kepala. Penggunaannya, rebus beberapa daun sirsak dan gunakan air rebusan untuk keramas. Wes hewess… ketombe hilang semua.

6. Menghilangkan komedo dan gangguan lainnya. Haluskan beberapa daun sirsak dan oleskan di atas komedo atau penyakit kulit lainnya.

7. Menurunkan sakit gula.
8. Sakit asam urat.
9. Memperkuat sistem anti bodi.
10. Mencegah masuknya infeksi.
11. Menyembuhkan sakit rematik.
12. Menyembuhkan bisul luar dalam.
13. Menyembuhkan sakit malaria.
14. Herbal penghilang rasa sakit dan nyeri.
15. Menurunkan kadar gula dalam darah.
16. Menguatkan sistem syaraf tubuh.
17. Memperbaiki kinerja jantung.
18. Memperbanyak produksi ASI.
19. Mematikan cacing usus.
20. Memperlancar buang air kecil.
21. Herbal penenang emosi ( mood ).
22. Menyehatkan ginjal.
23. Mengatasi keputihan.
23. Mengobati Kanker kista.

Demikian manfaat atau khasiat daun sirsak yang sangat banyak. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda. Tidak hanya untuk menyembuhkan sakit kanker, kolesterol tinggi, darah tinggi, tetapi manfaat daun sirsak juga bisa untuk menyembuhkan banyak penyakit lain seperti tertera di atas.

One thought on “Manfaat Daun Sirsak, Menyembuhkan Penyakit Stroke dan Kanker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *