Manfaat Jus Jeruk: Menurunkan Kolesterol, Mencegah Kanker, dan …..

Posted on

ADUHHH, manfaat jus jeruk untuk kesehatan ternyata sangat hebat. Bisa Anda gunakan untuk menurunkan kolesterol, mencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, sayang jika kita tidak memanfaatkan buah jeruk untuk membuat diri kita sehat. Daripada mencari obat yang mahal-mahal, mengapa tidak memanfaatkan buah jeruk. Terutama untuk diet pencegahan penyakit. Ini sangat baik Anda coba.

Walaupun di sisi lain, tidak semua orang suka jeruk. Terutama akibat rasa asam, tentu saja konsumsi buah jeruk tidak cocok untuk Anda yang sedang menderita sakit maag. Sebab, sakit maag harus menjauhi makanan yang rasanya asam dan pedas.

Kecuali sakit maag Anda telah sembuh total. Jika belum sembuh total, Anda harus selalu hati-hati. Anda harus menjaga agar maag tak lagi kambuh. Boleh makan buah atau makanan lain yang terasa asam, tetapi dengan jumlah yang sedikit.

Tujuannya adalah jika daya tahan lambung Anda sedang menurun, efek yang ditumbulkan oleh makanan rasa asam tidak berat. Dengan demikian, lambung Anda akan kembali sehat. Sakit maag sembuh dengan sendirinya.

Ya, saya bisa menyatakan seperti ini karena pengalaman. Pengalaman punya sakit maag belasan tahun. Kini, alhamdulillah maag saya tidak pernah kambuh lagi.

Tadinya, saya jatuh bangun mengatasi maag. Walaupun, saya rajin periksa dokter. Bahkan, tidak hanya satu dokter. Tetapi, berganti hingga tiga dokter. Kini maag saya sudah sembuh total. Saya telah beberapa kali mencoba makan mangga. Walaupun, rasanya manis, tetapi sifat asam tetap masih kental. Lidah saya tetap merasakan ada rasa asam.

Bagi Anda yang tidak menderita sakit maag, konsumsi buah jeruk adalah sangat baik. Khasiat buah jeruk sangat besar untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit.

8 Khasiat Konsumsi Jeruk untuk Kesehatan

buah jerukminum jus jeruk, sehat.. segarr… (sumber: clear.co.id)

Kembali ke manfaat jus jeruk untuk kesehatan. Setidaknya ada 8 manfaat buah jeruk untuk kesehatan. Bahkan, ada yang menyebut sampai 30-an lebih manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi jus jeruk.

1. Jus Jeruk untuk Darah Tinggi

Jus jeruk bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan darah tinggi. Jeruk mengandung banyak magnesium yang mampu membuat tekanan darah tinggi Anda menjadi normal.

Tidak hanya Anda yang tensi darahnya tinggi. Anda dengan tensi darah rendah juga bisa mengonsumsi jus jeruk untuk membuat tekanan darahnya menjadi normal. Tekanan darah normal adalah jika tensi Anda maksimal 120/80 mmHg.

2. Jus Jeruk untuk Mencegah Kanker

Penyakit kanker adalah penyakit yang pengobatannya sangat berat. Kanker payudara, kanker hidung dan kanker lainnya. Benar-benar menguras energi dan keuangan.

Selain itu, penyakit kanker sulit diprediksi karena termasuk penyakit dalam. Cara terbaik adalah mencegahnya. Anda sebaiknya secara periodik memperkuat daya tahan tubuh biar tidak mudah terkena kanker. Konsumsi jus jeruk bisa mencegah sakit kanker.

Ya, kanker apa saja. Kanker kulit, kanker payudara, kanker mulut, kanker usus besar dan kanker paru-paru.

Salah satu caranya dengan minum jus jeruk. Jeruk dikenal sebagai D-limonene yang merupakan agen efisien terhadap kanker.

3. Jus Jeruk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan meminum jus jeruk, Anda akan mendapatkan vitamin C yang dikandungnya untuk melawan beberapa penyakit. Misalnya, melawan penyakit flu dan pilek.

4. Buah Jeruk untuk Penyembuhan Penyakit

Manfaat jus jeruk lainnya adalah mampu menyembuhkan beberapa penyakit. Ini akibat flavonoid yang dikandungnya. Anda bisa mengonsumsi dengan cara dimakan langsung, tanpa jus. Khasiatnya luar biasa. Bisa untuk mengobati arthritisdan, menyembuhkan kekakuan dan rasa nyeri.

5. Jeruk Nipis untuk Mencegah Batu Ginjal

Sakit batu ginjal juga bisa terjadi pada siapa pun. Salah satu cara mencegahnya dengan mengonsumsi jus jeruk dan memperbanyak minum air putih. Jeruk nipis mengandung sitrat. Ini sangat baik untuk mencegah terjadinya sakit batu ginjal.

Jika Anda sekarang ini menderita sakit batu ginjal, coba konsumsi jus jeruk. Jadikan minum jus jeruk ini sebagai diet Anda sampai batu ginjal mampu keluar bersama air seni.

6. Buah Jeruk Mengurangi Risiko Sakit Jantung

Manfaat jus jeruk yang cukup penting adalah mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung. Hesperidin adalah zat nabati yang bisa mencegah arteri tersumbat. Caranya dengan meningkatkan kesehatan sel-sel di dekatnya.

Jumlah hesperidin dalam jeruk cukup besar. Karena itu, minum satu gelas jus jeruk bisa membuat Anda terhindar dari risiko kena sakit jantung.

manfaat jerukpilih jeruk yang ada suka (sumber: antaranews.com)

7. Jus Jeruk Mengobati Anemia

Apakah anemia itu? Anemia adalah suatu kondisi yang terjadi karena sel-sel darah merah cukup dalam hemoglobin. Kekurangan zat besi adalah alasan utama di balik situasi ini. Jus jeruk menyediakan vitamin C yang bisa digunakan untuk mempromosikan penyerapan zat besi ke dalam aliran darah.
Banyak dokter yang selalu menyarankan pasien anemia untuk mengonsumsi jeruk atau sari buahnya dengan teratur.

8. Membuat Kulit Indah & Meremajakan Kulit

Mengonsumsi jus jeruk bisa membuat kulit Anda tampak segar, cantik, dan awet muda. Jeruk yang antioksidan dan dikombinasi dengan vitamin C bisa melindungi sel-sel kulit dari bahaya radikal bebas. Minum satu porsi jus jeruk tiap hari akan membuat Anda selalu tampil segar.

Terbaik Jus Jeruk Buatan Sendiri

Tetapi, menurut ahli gizi, jus jeruk terbaik adalah jus jeruk yang Anda buat sendiri. Bukan jus jeruk instan dalam kemasan yang dijual di banyak toko. Mengapa? Karena jus jeruk instan mengandung banyak gula. Ini berarti tidak sehat. Bila Anda mengonsumsi terus-menerus, Anda punya risiko kena penyakit diabetes.

Jadi, yang terbaik adalah jus jeruk buatan sendiri. Lebih baik lagi jika Anda mengupas jeruk langsung Anda konsumsi. Tidak perlu dibuat jus. Mengapa?

Menurut dr Lisa David, mengonsumsi buah jeruk secara utuh menawarkan banyak vitamin dan mineral, dibandingkan dengan mengonsumsi jeruk yang sudah dibuatĀ  jus.

Demikian artikel mengenai manfaat jus jeruk untuk mencegah atau menyembuhkan berbagai penyakit. Baik penyakit ringan ataupun penyakit berat seperti stroke dan penyakit jantung.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *