Buat Daftar Menu Makanan untuk Kesembuhan Asam Urat Anda

Advertisement

COBA bikin daftar menu makanan untuk penderita asam urat. Dengan daftar menu makanan ini, Anda bisa tahu persis makanan yang boleh dan tidak boleh untuk Anda konsumsi sehingga penyakit asam urat Anda tidak akan kambuh.

Ya, sumber terbesar yang membuat Anda menderita sakit asam urat adalah makanan. Yaitu, makanan yang mengandung zat purin tinggi yang akhirnya membuat asam urat pada darah Anda juga tinggi.

Ini membuat ginjal tak bisa memproses seluruh zat asam urat yang datang. Kelebihan asam urat itu selanjutnya mengalir ke sendi seperti sendi jari dan sendi lain di kaki.

Setelah menumpuk, zat asam urat berproses menjadi kristal-kristal tajam yang menusuk-nusuk sehingga Anda merasa nyeri dan sakit di sendi yang terserang asam urat.

Itulah penyakit asam urat. Untuk mencegahnya, Anda harus menghindari konsumsi makanan yang mengandung zat asam urat tinggi. Atau, makanan pantangan asam urat.

Silakan membuat daftar menu makanan untuk penderita asam urat yang bisa membuat Anda tetap sehat atau tidak terkena serangan penyakit asam urat.

Bisakah itu? Ya, tentu harus bisa. Sebab, Anda ingin tetap sehat. Sehat itu nyaman dan menyenangkan. Untuk mencapai hidup sehat, Anda harus menghindari makanan pantangan asam urat, yaitu makanan yang mengandung zat purin tinggi. Sebab, itu adalah penyebab asam urat tinggi Anda.

Kalau ingin makan, ya dikit aja dan jangan tiap hari. Tetapi, itu dibolehkan jika kadar asam urat Anda normal. Jika masih tinggi, ya jangan. Pantangan asam urat jangan dilanggar. Selain itu, Anda harus minum obat asam urat untuk menyembuhkan sakit Anda.

Ukuran kadar asam urat normal adalah:

  • Perempuan : 2.4–6.0 miligram per desiliter (mg/dL)
  • Laki-laki : 3.4–7.0 mg/dL
  • Anak-anak: 2.0–5.5 mg/dL

Selain menghindari makanan pantangan asam urat, Anda juga perlu berolahraga, senam, jalan kaki, bersepeda atau aktivitas fisik lain yang bisa membuat Anda lebih sehat, daya tahan tubuh meningkat, dan tidak mudah dihinggapi penyakit.

Atau, membuat obat asam urat sendiri dari tumbuhan obat. Ini adalah obat asam urat alami karena diperoleh dari alam langsung berupa tumbuh yang bisa Anda temukan dengan mudah di alam Indonesia.

Contoh Daftar Menu Makanan untuk Penderita Asam Urat

Berikut ini adalah daftar menu makanan untuk penderita asam urat. Anda bisa membuat daftar menu harian atau mingguan dengan bahan makanan yang Anda inginkan.

Waktu Menu Makanan Durasi
Sarapan pukul 06.00 2 gelas air putih, susu dansa, terapi baking soda Kapan saja
Menjelang siang

pukul 09.00

Sanwich spesial, teh anget/es teh, terapi baking soda Kapan saja
Makan siang pukul 12.00 Nasi, tahu, telor, jus ceri, 2 gelas air putih, terapi baking soda Kapan saja
Menu sore pukul 15.00 Sarang burung madu, secangkir kopi (150 ml), 1 gelas air putih Ayam, 1-2 kali per hari
Makan malam pukul 19.00 Nasi, sayur bening, ayam disco, 1 gelas air putih Ayam, 1 kali per hari
Menu malam pukul 22.00 Sandwich spesial, terapi backing soda, 2 gelas air putih Kapan saja

2 Kelompok Menu Makanan untuk Penderita Asam Urat

Berikut ini adalah daftar menu makanan untuk penderita asam urat. Ya, sekali lagi, ini sangat penting untuk Anda perhatikan karena sumber penyakit asam urat yang utama adalah dari makanan yang mengandung zat purin tinggi.

Pertama: daftar makanan yang harus Anda hindari karena kandungan asam uratnya tinggi.

Kedua: makanan yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat ini. Menu makanan ini juga penting untuk Anda perhatikan. Sebab, ia akan membantu untuk menurunkan asam urat Anda.

Kelompok 1: Makanan yang Harus Anda Hindari karena Kandungan Asam Uratnya Tinggi

Berikut ini adalah daftar menu makanan yang harus Anda hindari karena kandungan zat purinnya tinggi. Zat purin inilah yang nantinya menjadi asam urat

1. Makanan dalam kaleng seperti kornet sapi dan sarden.

2. Sayuran seperti kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, dan kangkung.

3. Makanan kaya protein dan lemak seperti kaldu, keju, dan kuah daging yang kental.

4. Ekstrak daging seperti abon dan dendeng.

5. Kacang-kacangan. Misalnya, kacang kedelai dan hasil olahannya seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai. Demikian pula kacang tanah, kacang hijau, tauge, dan emping melinjo, harus Anda hindari.

6. Makanan digoreng, makanan bersantan atau makanan yang dimasak dengan menggunakan margarin/mentega.

7.  Seafood seperti udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, dan ikan sarden.

8. Daging bebek, angsa dan kalkun karena bisa menambah tingginya zat purin atau asam urat Anda.

9. Buah durian, nanas dan air kelapa.

10. Jeroan seperti ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak.

11. Daging kambing, daging sapi, daging kuda.

12. Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental.

13. Minuman dan minuman mengandung alkohol. Misalnya, tapai, bir, tuak, dan makanan yang pembuatannya menggunakan banyak bahan ragi.

Berikut ini tabel tentang daftar makanan yang harus Anda hindari karena zat asam uratnya tinggi.

No Makanan Mengandung Purin Tinggi (harus Anda hindari) Kadar purin (mg/100 gr)
O1 Theobromin (kafein coklat) 2.300
02 Limpa kambing    773
03 Hati sapi    554
04 Ikan sarden    480
05 Jamur kuping    448
06 Limpa sapi    444
07 Daun melinjo    366
08 Paru-paru sapi    339
09 Kangkung, bayam    290
10 Ginjal sapi    269
11 Jantung sapi    256
12 Hati ayam    243
13 Jantung domba/kambing    241
14 Ikan teri    239
15 Udang    234
16 Biji melinjo    222
17 Daging kuda    200

Kelompok 2: Menu Makanan yang Menurunkan Kadar Asam Urat

Selain menghindari makanan yang bisa menyebabkan kadar asam urat Anda naik, Anda sebaiknya juga membuat menu makanan yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat Anda. Ya, di mana ada negatif pasti ada positif.

Makanan dan buah penurun asam urat ini adalah memberikan nilai positif pada kesehatan Anda. Jadi, sebaiknya Anda selalu mengonsumsi makanan yang termasuk dalam kelompok 2 ini. Ya, tidak harus seluruhnya. Pilih mana yang mudah Anda dapatkan dan Anda suka dengan makanan dan buah itu.

Beberapa sayuran juga bisa Anda konsumsi untuk menurunkan asam urat Anda. Ada sayuran yang harus Anda hindari karena bisa menyebabkan asam urat Anda tinggi. Tetapi, ada juga beberapa sayuran penurun asam urat Anda.

Lain halnya untuk makanan, buah atau sayur yang masuk kelompok yang harus Anda hindari karena zat purin atau asam uratnya tinggi. Menghindari makanan dan buah dari kelompok itu sangat penting karena pengaruhnya besar untuk kesehatan Anda.

Mengonsumsi makanan kelompok ke-1 itu bisa menyebabkan asam urat Anda tinggi dan menyebabkan timbulnya penyakit asam urat. Diet asam urat memang sangat penting. Diet asam urat berarti menghindari makanan pantangan asam urat.

Ya, membuat menu makanan untuk penderita asam urat adalah sangat penting. Baik makanan pantangan asam urat atau makanan penurun asam urat. Atau menu makanan harian, mingguan, dsb.

Semoga Anda sukses mengendalikan penyakit asam urat Anda sehingga tidak kambuh lagi.

Advertisement