Cara Mudah Menyembuhkan Asam Urat, Hindari 30 Makanan Pantangan

ANDA ingin bebas dari asam urat? Caranya sangat mudah. Hindari makanan pantangan atau makanan penyebab sakit asam urat. Jika Anda ingin menikmati makanan pantangan, ya sedikit saja. Biar asam urat Anda tidak naik tinggi dan Anda tetap sehat.

Mudah, kan??

Ya, Anda mesti berlatih menghindari pantangan asam urat sebab Anda ingin sehat. Kalau Anda ingin sakit terus, ya silakan. Tetapi, Anda tidak seperti itu kan? Anda ingin sehat, kan?

Jika memilih sehat, ya harus ada usaha. Tak ada sesuatu kesuksesan tanpa usaha. Sehat itu mahal harganya. Anda sakit, apa pun sakitnya, termasuk sakit asam urat, tentu tidak nyaman.

Kenalan saya, Pak Sujono, sering menderita penyakit asam urat. Beberapa hari lalu terpaksa dirawat di rumah sakit karena asam uratnya kambuh.

Saya pun menengok dia di rumah sakit. Ia menyatakan sakitnya sudah membaik. Ya, tentu saja, pikir saya. Lha, dia dirawat di rumah sakit dan diobati. Pasti sakitnya berkurang secara bertahap dan akhirnya bisa sembuh.

Penyakit asam urat bukan penyakit berat. Tetapi, sangat merepotkan. Rasa nyeri pada daerah sendi sering terjadi. Misalnya di sendi kaki, tangan, pinggang, lutut, dsb. Mirip sakit sendi, tetapi bukan sakit sendi.

Rasa nyeri dan pembekakan terjadi akibat tusukan kristal-kristal tajam. Ini terjadi akibat penumpukan zat asam urat di pembuluh darah.

Penyebab asam urat bisa karena makanan yang mengandung asam urat (zat purin) tinggi, seperti jeroan, ikan laut, dan daging merah.

Anda yang suka minuman keras juga bisa punya risiko tinggi terkena penyakit asam urat. Begitu pula Anda yang memiliki penyakit darah tinggi (hipertensi), ginjal kronik, diabetes dan terlalu gemuk (obesitas).

Tetapi, asam urat juga bisa disebabkan oleh keturunan sebagaimana penyakit darah tinggi. Yang penting bagaimana Anda menghindari makanan penyebab asam urat.

“Pak Jono itu sulit disuruh menghindari makanan penyebab asam urat. Kadang dia cari sendiri makanan dan mengonsumsi makanan terlarang. Ya, sudah, saya biarkan saja. Toh, sakit dia rasakan sendiri,” kata istri Pak Jono menceritakan penyebab sakit asam urat suaminya.

penyakit asam uratsendi-sendi yang rawan terkena asam urat (sumber:halosehat.com

Gejala Penyakit Asam Urat dan Beberapa Penyebabnya

Apakah penyakit asam urat itu?

Asam urat adalah radang sendi yang dapat membuat sendi Anda tiba-tiba terasa nyeri, perih, kaku, dan bengkak.

Penyebab asam urat adalah penumpukan zat asam urat dalam darah. Penumpukan terjadi akibat pembuangan melalui ginjal tidak lancar. Akhirnya, asam urat yang menumpuk itu membentuk kristal-kristal tajam natrium urat ukuran kecil yang bermuara di sendi atau sekitar sendi.

Anda akan merasakan sakit yang menjengkelkan saat kristal-kristal tajam masuk ke ruang sendi dan mengganggu lapisan lunak sendi.

Penderita penyakit asam urat umumnya pria. Sangat jarang kaum wanita terkena sakit asam urat, kecuali sudah berusia menopause (lanjut usia). Penderita asam urat tidak hanya usia 30 tahun ke atas. Mereka yang masih muda juga bisa terserang asam urat.

Ketika asam urat dalam darah Anda meningkat akibat mengonsumsi makanan terlarang, maka timbullah pengkristalan pada persendian dan pembuluh darah kapiler. Kristal-krital itu akan bergesekan dan bergerak di persendian.

Pada saat itulah bagian yang tajam dari kristal menusuk-nusuk pembuluh darah. Efeknya, Anda akan merasa nyeri, ngilu dan sakit pada bagian tubuh tertentu.

Asam urat juga bisa terjadi akibat kerusakan pada sel-sel tubuh, yang akhirnya menyebabkan ginjal tidak bisa mengeluarkan racun dengan optimal. Sebagian besar asam urat dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urine dan sebagian lainnya dibuang melalui pencernaan dalam bentuk tinda.

Berapa kadar asam urat yang normal?

Untuk pria adalah 6,8 mg/dl. Untuk wanita adalah 6 mg/dl. Lebih dari angka itu berarti Anda menderita sakit asam urat.

Berikut ini gejala sakit asam urat, yaitu:

  • Merasa kesemutan dan linu pada sendi
  • Rasa nyeri di bagian sendi pada malam hari saat bangun tidur pagi.
  • Bengkak pada bagian sendi yang sakit. Selain itu tampak merah, panas dan nyeri yang luar biasa sehingga penderita tidak bisa pergi.

nakanan pantangan asam urat makanan pantangan untuk asam urat (sumber:halosehat.com)

Empat Jenis Makanan yang Harus Anda Hindari

Mengonsumsi makanan yang mengandung zat asam urat bisa membuat sakit Anda kambuh. Oleh karena itu, terapi paling manjur, ya menghindari makanan penyebab asam urat dan menurunkan berat badan.

Anda sebaiknya mengonsumsi makanan rendah kalori untuk mendukung upaya mendapatkan berat badan ideal.

Berikut ini adalah jenis makanan yang harus Anda hindari karena penyebab terjadi asam urat tinggi. Keempat makanan terlarang itu adalah:

1. Jeroan seperti rempela, babat, kikil, hati, ginjal, kelenjar timus, dsb. Jeroan mengandung purin yang tinggi dan bisa menyebabkan kadar asam urat naik. Purin adalah senyawa kimia yang akan berubah menjadi asam urat apabila dipecah.

2. Makanan laut (seafood) seperti ikan teri, sarden, makarel, tuna, dan kerang. Makanan laut juga mengandung purin yang tinggi sebagaimana halnya jeroan.

3. Sebagaimana penderita kolesterol, penderita asam urat juga harus membatasi konsumsi daging. Ya, daging apa saja. Daging kambing, sapi, atau lainnya, terutama daging merah. Kandungan purin dan kolesterol tinggi. Apala dalam daging itu juga terdapat lemak.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi daging ayam atau kalkun. Tetapi, saat memasak daging ayam dan kalkun, buang kulitnya dan jangan digoreng.

4. Hindari minuman alkohol, apalagi bir. Asam urat Anda langsung meningkat dan sakit asam urat Anda bisa berulang-ulang. Celakanya, bir juga membuat asam urat sulit terbuang dari tubuh Anda.

Jika Anda bisa menghindari ke-4 pantangan itu dengan baik, secara bertahap Anda akan terbebas dari gangguan asam urat. Anda bisa hidu sehat dan sehat itu sangat nyaman.

obat herbal asam uratobat asam urat herbal (sumber:tokoobatherbalonline.com)

Berikut ini daftar lengkap tentang 30 makanan yang harus Anda hindari karena kandungan asam uratnya tinggi.

Makanan dibagi menjadi 5 kelompok, yaitu kelompok (kel) daging, kelompok makanan laut, kelompok sayuran, kelompok kacang-kacangan, dan kelompok makanan olahan.

Kel. Daging

 

Makanan Laut Sayuran Kacangan-kacangan Makanan olahan
Daging merah Ikan bandeng Asparagus Kacang hijau Kornet sapi
Kalkun Ikan haring Kangkung Mete Ikan kering
Jeroan sapi Udang Biji melinjo Kedelai Minuman manis
Daging sapi Lobster Ragi
Daging domba Kerang Roti manis
Daging ayam Ikan kakap
Daging angsa
Lidah sapi
Daging kuda
Daging bebek
Hati sapi

dikutip dari halosehat.com

Atasi Asam Urat dengan dengan Obat Herbal

Anda bisa mengobati penyakit asam urat Anda dengan periksa dokter, menggunakan obat herbal atau obat tradisional alami.

Jika Anda tidak ingin repot, yang Anda bisa menggunakan obat dokter atau obat herbal. Mana yang terbaik? Semua terserah pada pilihan Anda dan kecocokan Anda.

Obat tradisional dengan menyiapkan sendiri juga bisa. Coba saja dengan rebusan daun seledri. Atau daun dewa, kumis kucing, daun sidaguri, jahe, buah mengkudu, dan pare.

Anda bisa membeli bahan-bahan ini di pasar tradisional. Terkadang di swalayan juga tersedia bahan mentah itu. Anda bisa menyiapkan sendiri dengan cara direbus, diblender atau cara lain.

Tetapi, jika Anda tidak ingin repot, bisa mengonsumsi obat herbal yang sudah jadi. Banyak obat asam urat dijual di toko-toko herbal atau depot jamu. Ya, pilih mana yang terbaik untuk Anda.

Bersamaan dengan minum obat penurun asam urat, Anda juga harus diet asam urat. Yaitu, menghindari konsumsi makanan-makanan pemicu naiknya asam urat Anda. Sebaliknya, perbanyak makanan yang menyebabkan asam urat Anda bisa turun.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah menjalani pola hidup sehat. Yaitu, hanya mengonsumsi makanan-makanan penurun asam urat dan mengonsumsi makanan dan buah yang bisa membuat Anda lebih sehat. Ini akan membuat daya tahan tubuh Anda meningkat sehingga tidak mudah terserang penyakit.