Cara Cepat Mengobati Asam Urat dan Tidak Kambuh Lagi

SEBENARNYA mengobati penyakit asam urat (gout) itu tidak sulit. Bisa dengan minum obat asam urat, baik obat berdasar resep dokter, obat herbal, obat alami, atau tanpa minum obat asam urat.

Yang terpenting adalah Anda tidak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin atau zat penyebab asam urat tinggi.

Ya, intinya Anda harus melakukan diet asam urat. Jika Anda mampu menjalani diet, penyakit asam urat Anda akan cepat sembuh. Bahkan, asam urat tidak akan menghinggapi Anda lagi.

Jadi, diet asam urat adalah salah satu cara mengobati asam urat yang sangat efektif.

Tidak percaya? Coba saja. Anda bisa membuktikannya.

Apakah diet asam urat itu?

Diet asam urat adalah upaya menghindari konsumsi makanan dan minuman yang menyebabkan Anda terkena penyakit asam urat. Sebaliknya, Anda harus mengonsumsi makanan rendah zat purin, rendah lemak tetapi kaya vitamin dan mineral.

Banyak makanan yang kandungan purinnya tinggi. Jika Anda mengonsumsinya, asam urat Anda langsung kambuh. Sendi-sendi Anda seperti sendi di jari jempol kaki, lutut, pergelangan kaki, dsb, akan terasa sangat nyeri dan sakit tak tertahankan.

Selain terasa nyeri, di daerah sendi yang terserang asam urat juga akan mengalami pembengkakan disertai warna kulit memerah. Ditambah lagi rasa panas di persendian.

Kalau sudah demikian, Anda tentu akan merasa sangat tersiksa. Apalagi, asam urat sering kambuh pada malam hari. Membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak. Sebentar-sebentar bangun akibat deraan asam urat yang tidak tertahankan.

Bahkan, tidak jarang penderita harus istirahat beberapa hari. Mereka tidak bisa pergi kemana-mana karena sakitnya, termasuk pergi kerja.

Salah satu cara untuk meredakan rasa nyeri yang menjengkelkan itu adalah minum obat asam urat. Lantas, obat asam urat seperti apa yang mampu menyembuhkan sakit Anda?

penyakit asam uratasam urat di sendi pada jempol kaki (sumber:asamurattinggisekali.com)

Antara Obat Sakit Asam Urat dan Obat Sakit Rematik

Banyak orang menyamakan antara penyakit asam urat dan penyakit rematik. Dari gejalanya memang tampak hampir sama antara kedua penyakit itu. Yaitu, rasa nyeri yang tidak tertahankan di bagian sendi.

Akibat anggapan yang salah kaprah itu, sebagian orang menggunakan obat yang sama untuk menyembuhkan sakit asam urat. Artinya, mereka juga mengobati asam urat dengan obat rematik.

Penyakit asam urat sesungguhnya bagian dari rematik. Penyakit asam urat timbul akibat kandungan asam urat dalam darah melebihi angka normal. Atau terjadi peningkatan asam urat di dalam darah.

Sementara, penyakit rematik terjadi karena beberapa sebab. Misalnya, karena pengapuran sendi, infeksi, auto imun, dsb.

Rematik juga bisa terjadi akibat penumpukan zat asam urat. Meskipun demikian, itu tidak berarti penyakit asam urat dan rematik adalah sama. Keduanya tetap beda.

Perbedaan lain adalah tempat yang terserang penyakit. Asam urat hanya menyerang sendi tertentu, khususnya di kaki.

Lain halnya dengan rematik. Penyakit rematik bisa menyerang di banyak sendi, bukan hanya di kaki. Anda bisa terserang di bagian bahu, leher, pinggang, dsb.

Biarpun demikian, cara penyembuhan kedua penyakit itu adalah hampir sama. Makanan pantangan yang harus Anda hindari agar tidak terkena penyakit asam urat atau rematik juga sama. Demikian pula proses penyembuhannya.

Cara terbaik untuk mengobati asam urat hingga sembuh adalah menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat. Artinya, Anda harus selalu mengonsumsi makanan sehat untuk menurunkan kadar asam urat sekaligus menghindari makanan penyebab asam urat.

Makanan sehat penurun asam urat, termasuk beberapa sayuran yang juga bisa menurunkan asam urat.

Selain itu, Anda harus berhenti merokok dan tidak minum minuman keras. Keduanya menjadi pemicu penyakit asam urat. Itulah beberapa hal penting yang harus Anda lakukan untuk menyembuhkan asam urat Anda.

diet asam uratdiet, cara menurunkan asam urat (sumber:uratku.blogspot.com)

Konsumsi Obat Asam Urat dan Diet Asam Urat

Obat herbal bisa menjadi solusi atau cara terbaik untuk menyembuhkan sakit asam urat Anda. Obat herbal asam urat juga menghindarkan Anda dari efek samping dari pemakaian obat yang tidak Anda inginkan.

Anda bisa juga berupaya meredakan sakit nyeri Anda dengan istirahat yang cukup. Angkat tungkai dan usahakan sendi yang sakit mengalami benturan.

Selain itu, Anda bisa mengompres sendi yang sakit dengan bungkusan es selama 20 menit. Es yang Anda gunakan untuk mengompres harus dibungkus. Jangan sampai menempelkan es langsung pada sendi yang sakit tanpa dibungkus. Ini bisa merusak kulit.

Tetapi, jika Anda telah mendapatkan obat asam urat dari resep dokter, Anda perlu segera meminumnya untuk meredakan sakit Anda.

Obat yang umum digunakan untuk meredakan rasa nyeri, menurut alodokter.com, adalah kelompok obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), seperti indometasin, diclofenac, naproxen, dan etoricoxib.

Efek samping dari penggunaan obat ini adalah bisa timbul sakit maag atau gangguan pencernaan.

Tetapi, dokter biasanya melengkapi obat asam urat dengan obat lain sebagai penghambat efek samping.
Anda bisa bebas dari efek samping obat farmasi jika menggunakan dosis rendah dan dalam waktu pendek.

Namun,  jika sakit asam urat Anda dalam kategori berat dan obat dosis rendah tidak mampu menyembuhkan sakit Anda, ya terpaksa digunakan obat dosis tinggi.

Efek samping dari penggunaan obat asam urat dosis tinggi dan dalam jangka waktu lama antara lain otot terasa lemas, kulit mudah memar, penipisan tulang, dan kenaikan berat badan.

Karena itu, selama pengobatan Anda perlu menjalani diet asam urat. Tujuannya untuk membantu mempercepat penyembuhan sakit Anda. Ya, sebaiknya penyembuhan dilakukan dengan menerapkan beberapa cara, bukan hanya mengandalkan pada obat farmasi.

Ya, konsumsi obat, diet asam urat, dan menghindari stres adalah cara penyembuhan asam urat yang harus dilakukan bersamaan. Saya kira, ketiga hal itu yang perlu dilakukan saat sakit sedang kambuh.

Diet dan istirahat cukup sangat penting. Diet mencakup dua hal, yaitu menghindari makanan penyebab asam urat dan mengonsumsi makanan dan sayuran penurun asam urat.

amazon plus obat herbal kesehatan, termasuk mengobati asam urat (sumber:obatherbal-murah.com)

Obat Herbal untuk Mencegah dan Mengobati Asam Urat Kambuh

Jika sakit asam urat Anda telah reda atau sembuh, Anda sebaiknya selalu menerapkan pola hidup sehat dan pola makan sehat. Tujuannya untuk mencegah penyakit asam urat kambuh.

Kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Selain lebih mudah, diet juga lebih murah. Ditambah lebih nyaman. Ya, jika tubuh Anda sehat, tentu Anda akan merasa lebih nyaman.

Cuma, biasanya orang lupa setelah sehat. Ia lebih mementingkan makanan yang lezat dibandingkan memprioritaskan makanan sehat. Ya, selain lezat hendaknya Anda memasukkan unsur sehat untuk pemilihan makanan.

Artinya, meskipun makanan itu lezat dan nikmat, tetapi kalau tidak sehat, ya jangan dimakan. Cari saja penggantinya. Masih banyak makanan atau minuman pengganti yang lezat sekaligus sehat.

Atau, kalau bobot zat purin penyebab asam urat tidak terlalu tinggi, Anda bisa mengonsumsinya tetapi sedikit dan tidak terlalu sering. Anda perlu membandingkan antara bobot sakit Anda dan bobot zat purin pada makanan yang ingin Anda konsumsi.

Jika sama-sama tinggi, ya lebih baik menghindari makanan pantangan itu. Prinsipnya, ya Anda harus memilih. Yaitu, memilih sehat atau sakit.

Ini sangat penting karena banyak orang yang sudah berkali-kali sakit asam urat, tetapi masih saja mengonsumsi makanan dan buah pantangan. Mereka tidak mengambil pelajaran dari apa yang dialaminya. Mereka masih tergoda untuk mengonsumsi makanan lezat, meskipun tidak sehat baginya.

Akibatnya, ya Anda kembali menderita sakit asam urat. Tidak hanya sekali, tetapi beberapa kali. Bahkan, sampai masuk rumah sakit seperti dialami tetangga saya.

Seharusnya, menyembuhkan atau mengobati asam urat lebih penting daripada makanan lezat. Makanan lezat dan zat purin tinggi tak akan membuat sehat. Sebaliknya, membuat Anda masuk rumah sakit.

Berikut ini beberapa obat herbal asam urat yang bisa Anda pilih:

1. Herbal Amazon Plus

Obat herbal ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin selalu sehat. Apa pun penyakit Anda, bisa minum obat herbal ini. Misalnya, sakit jantung, stroke, kanker, diabetes, asam urat, dsb.

Tidak hanya untuk Anda yang sedang mengalami sakit. Anda yang sehat pun sangat baik minum obat herbal untuk menjaga kesehatan. Ya, istilahnya ini adalah suplemen atau obat penambah sehat atau menjaga kesehatan Anda.

Obat herbal asam urat ini dibuat dari bahan kulit, daging buah dan biji manggis, acai berry, zaitun hydroxytyrosol, delima merah, tomat, dan blueberry.

Ia memiliki khasiat anti-radikal bebas, mengobati asam urat, mencegah sakit jantung, kanker, mengandung vitamin A dan C untuk menjaga kesehatan Anda secara menyeluruh, menurunkan kolesterol jahat, menjaga fungsi otak, kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh, dsb.

2. Kapsul Herbal Asam Urat

Ini obat herbal khusus untuk penyembuhan dan pengobatan asam urat. Obat herbal asam urat ini terbuat dari ekstrak herbal pilihan berkualitas. Misalnya, Annona muricata dan Garcinia mangostana.

Jadi, ia sangat baik untuk mengobati dan menyembuhkan penyakit asam urat Anda secara alami.

obat herbal madericobat herbal asam urat dari buah mahkota dewa (sumber:maderic.com)

3. Obat Asam Urat Rematik Maderic

Obat herbal asam urat MadeRic diolah dengan teknologi nano. Oleh karena itu, obat ini berbentuk jamu fermentasi yang bisa menurunkan kadar asam urat rematik Anda. Ia dibuat dari ekstrak buah mahkota dewa (25.1%), ekstrak daun alpukat (20%), ekstrak umbi daun dewa (20%), eskstrak sidaguri (20%), dan ekstrak pegagan (25%).

Obat ini telah mendapatkan izin dari BPOM, sertifikasi SNI, halal, sertifikasi internasional untuk food safety atau HAACP (Hazard analysis and critical control points) dan banyak penghargaan lainnya.

4. Native’s Legend Tea Cegak Sakit Batu Ginjal

Obat herbal ini selain menyembuhkan sakit asam urat Anda, juga membersihkan ginjal serta meminimalkan risiko kena batu ginjal. Untuk mencapai hal itu, Anda bisa konsumsi Native’s Legend Tea dengan teratur selama 2 bulan penuh.

Setelah itu, Anda istirahat dari minum obat herbal ini selama satu bulan. Setelah jeda 1 bulan, Anda bisa membuat jadwal baru, mengonsumsi obat herbal ini selama 2 bulan.

Jadi, selain menyembuhkan Anda dari sakit asam urat, obat herbal ini juga menghindarkan Anda dari  sakit batu ginjal.

5. Obat Asam Urat Tradisional dari China

Obat herbal asam urat, Fengshibao, juga bisa Anda pilih. Ini adalah obat tradisional berdasarkan warisan dari raja-raja Tiongkok zaman dulu. Obat herbal ini ditemukan oleh para pakar kungfu master shaolin. Terkenal untuk mengobati asam urat, rematik, pengapuran, encok, dan syaraf terjepit.

Dibuat dari 10 tanaman langka termahal. Ia masih dikombinasi dengan obat gosok terkenal sehingga hasilnya obat Fengshibao yang sangat baik untuk menyembuhkan asam urat Anda.

Demikian contoh obat herbal asam urat yang bisa Anda konsumsi. Banyak orang sukses menyembuhkan sakit asam urat mereka dengan obat herbal.

Tetapi, obat hanya salah satu metode penyembuhan. Akan menjadi lebih sempurna jika Anda menggabungkan antara konsumsi obat dengan diet asam urat, olahraga, dan menghindari stres.

Anda siap menjalankan itu semua? Ya, harus siap supaya Anda benar-benar sehat dan bebas dari asam urat.

tanaman obat herbal kumis kucing tanaman obat kumis kucing (sumber:manfaat.co.id)

Anda Juga Bisa Mengobati Asam Urat dengan Tanaman Obat

Selain apa yang dijelaskan di atas, Anda juga bisa mengobati penyakit asam urat dengan cara tradisional. Yaitu, dengan menggunakan tanaman obat yang banyak tumbuh di alam Indonesia. Selain mudah ditemukan, juga sangat murah harganya. Bahkan, Anda tidak usah beli.

Ya, jika Anda memanfaatkan kekayaan alam untuk kesehatan, Anda bisa menemukan banyak tumbuhan berkhasiat obat. Saya saksikan di TV pada awal September 2016, salah seorang ibu di daerah Bandung telah menanam ratusan tanaman obat di pekarangannya.

Bermula dari sakit yang dideritanya, ia kemudian tertarik untuk mengembangkan tanaman obat dari banyak tumbuhan atau tanaman di pekarangannya. Tanaman untuk obat apa saja tersedia di kebun sekitar 1.000 m2 miliknya.

Kini, proyeknya itu telah dikunjungi banyak tamu yang ingin belajar atau sekadar tahu tentang seluk-beluk tanaman obat di kebunnya. Tidak hanya menaman, seorang ibu pemilik kebun yang tampak lebih muda dari usia sebenarnya itu juga mendemokan cara mengolah tanaman obat menjadi minuman yang menyegarkan tetapi sekaligus menyehatkan.

Kini, dengan teknologi modern, tanaman obat juga telah diolah dan diproduksi menjadi berbagai media kecantikan. Mustika Ratu dan Sari Ayu adalah contoh dua perusahaan besar dalam bidang kecantikan yang memanfaatkan tanaman obat alam Indonesia.

Sangat disayangkan jika kita tidak memanfaatkan tanaman-tanaman obat itu sebagai kekayaan bangsa untuk membangun kesehatan kita. Yang lebih disayangkan, penduduk desa pun ikut-ikutan tidak lagi memanfaatkan tanaman obat menjadi media menyehatkan diri.

Ada beberapa tanaman obat yang bisa Anda konsumsi untuk menyembuhkan atau membuat Anda tetap terhindar dari sakit asam urat. Ya, katakanlah sebagai obat asam urat tradisional. Antara lain:

1. Tanaman Kumis Kucing

Tanaman liar ini bisa ditemukan di mana-mana. Di pekarangan, di kebun atau tempat lain. Tanaman dengan nama latin orthosiphon aristatus ini berkhasiat sebagai obat tradisional berbagai penyakit, termasuk asam urat. Tanaman ini mengandung garam kalium yang bisa berfungsi sebagai penghancur batu pada saluran kencing.

Kumis kucing juga mempunyai sifat diuretik yang bisa menyingkirkan kelebihan kandungan asam urat dari tubuh Anda melalui proses buang air kecil atau urin.

manfaat daun salamobat herbal daun salam, sembuhkan asam urat (sumber:obatherbalmart.com)

2. Daun Salam

Ibu-ibu hampir tiap hari menggunakan daun salam untuk bumbu masakannya. Tetapi, sesungguhnya daun ini juga berkhasiat obat.  Ia memiliki kandungan flavonoid, senyawa minyak atsiri, dan lain sebagainya yang berguna untuk menyembuhkan penyakit asam urat Anda.

Selain itu, daun salam juga mengandung zat tanin yang bisa digunakan untuk mengobati sakit asam urat dan kolesterol tinggi dalam tubuh Anda. Tidak sedikit orang terserang asam urat juga punya problem dengan kolesterol dan bisa berujung pada komplikasi.

Obat asam urat tradisional dari daun salam bisa mencegah kedua penyakit itu.

3. Daun Sambiloto

Tanaman ini bukan asli Indonesia, melainkan dari India. Tetapi, kini banyak tumbuh di bumi Indonesia. Ada yang menyebut nama tanaman ini dengan nama papaitan. kayu mas, dan nama-nama lain. Tanaman ini punya kandungan kalsium, natrium, kalium, dan masih banyak lagi yang bisa untuk menyembuhkan asam urat Anda.

4. Anting-anting

Ada juga tanaman yang bernama anting-anting. Ada yang menamakan tanaman ini dengan nama rumput koksan, akar kucingan, dsb. Untuk dijadikan sebagai obat asam urat, ia bisa dicampur dengan tanaman obat lainnya. Tanaman ini juga berkhasiat anti-radang dan pembersih hati.

5. Tempuyung

khasiat daun tempuyungbanyak khasiat obat dari daun tempuyung, termasuk obat asam urat (sumber:tokopedia.com)

Tanaman lain yang juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat asam urat tradisional adalah tempuyung. Tanaman ini mengandung senyawa yang mampu mengobati sakit asam urat. Antara lain mengandung alfa-lactocerol, manitol, inositol, ilica, kalium, flavonoid, dan taraksasterol. Kecuali untuk obat asam urat, tanaman tradisional ini juga dipercaya bisa menurunkan tensi darah tinggi dan penyakit wasir (ambien).

Ya, sesungguhnya masih banyak tanaman tradisional yang tumbuh di lingkungan Anda bisa dijadikan sebagai obat penyembuh atau pencegah asam urat. Kini, terserah Anda. Anda bisa membuat sendiri secara manual atau membeli obat herbal asam urat yang sudah jadi.

Saya suka menggunakan kedua model pengobatan itu. Jika ingin nyaman dan tidak repot, ya beli obat herbal jadi. Anda tinggal minum, baik berbentuk kapsul, tablet, ataupun jamu.

Hampir semua tanaman obat, kini telah tersedia dalam bentuk obat herbal jadi dan Anda tidak perlu menyiapkan sendiri secara manual. Anda tinggal minum sesuai dengan kebutuhan.

Jangan Lupa Gunakan Obat Asam Urat Alami

Anda juga bisa mengonsumsi obat asam urat alami untuk mencegah atau menyembuhkan sakit Anda. Ini juga cara yang sangat baik dan banyak orang sukses mengobati asam urat dengan obat alami. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda memilih obat asam urat alami ini untuk menyembuhkan sakit Anda.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Obat asam urat alami antara lain air putih. Banyak orang lebih suka minuman berisiko, seperti minuman kopi, minuman buatan pabrik, dsb.

Itu bukan perbuatan yang salah. Tetapi, apa yang Anda lakukan harus diimbangi dengan minum air putih. Dengan cara seperti itu berarti Anda telah menangkal kemungkinan penyebaran bibit penyakit dalam tubuh Anda.

Usahakan tiap hari bisa minum air putih 8 – 10 gelas. Apalagi, Anda telah berusia 55 tahun ke atas. Harus selalu minum air putih dalam jumlah yang cukup.

Caranya, ya selalu bawa air putih ke mana pun Anda pergi. Anda bisa menyiapkan air putih dalam botol plastik. Dengan cara ini, Anda bisa minum air putih sesering mungkin. Juga di tempat-tempat strategis, sediakan air minum.

Misalnya, di meja makan, di meja kerja, di kantor, di ruang kantin, di tempat ibadah, dsb. Ya, biasakan untuk sering minum air putih hingga Anda selalu sehat.

Sering minum air putih akan mencegah Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan air yang bisa menyebabkan tubuh Anda lemah.

Berikut ini manfaat lain dari air putih yang perlu Anda ketahui:

  1. menghilangkan rasa haus
  2. membuat ginjal Anda sehat
  3. kulit Anda cerah dan halus
  4. mengeluarkan racun dari tubuh
  5. mengontrol kalori
  6. menurunkan berat badan
  7. meningkatkan energi
  8. meningkatkan produktivitas kerja
  9. meningkatkan fungsi otak
  10. meningkan kelancaran peredaran darah
  11. mencegah Anda tampak tua lebih dini
  12. melawan beberapa penyakit
  13. mencegah sakit demam

Dengan melihat daftar di atas, sungguh air putih memiliki manfaat yang sangat hebat untuk kesehatan. Kita tak selayaknya membuat diri kita kekurangan air yang bersih sehingga tidak sehat. Minuman air putih berbeda dengan lainnya yang penuh zat yang bisa menyebabkan tubuh kita rentan terkena penyakit.

Cara menangkalnya dengan perbanyak minum air putih. Makan buah yang mengandung banyak air juga sangat membantu untuk membuat diri Anda sehat. Misalnya, mengonsumsi buah semangka. Sangat bagus untuk kesehatan Anda.

air putihperbanyak minum air putih, obat asam urat alami (sumber:hydromart.co.id)

Jika selama ini Anda hanya minum air putih kurang dari 8 gelas, coba tingkatkan mulai sekarang sehingga akhirnya Anda bisa minum air putih dalam jumlah banyak.

Cara lain untuk membuat Anda bisa minum banyak air putih adalah olahraga, senam atau melakukan perbuatan fisik sehingga Anda merasa haus dan harus minum. Kerja di kebun, merawat bunga, membersihkan rumah, dsb. bisa membuat Anda mengonsumsi banyak air putih.

Ya, mengonsumsi air putih bukan hanya untuk mencegah atau mengobati asam urat Anda, tetapi juga untuk membuat tubuh Anda benar-benar sehat. Anda juga sekaligus bisa meningkatkan produktivitas.

2. Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Obat asam urat alami lainnya adalah dengan mengonsumsi vitamin C. Dari suatu penelitian diketahui bahwa mengonsumsi vitamin C1 500 mg per hari bisa menurunkan risiko sakit asam urat hingga 45%.

Tentu saja, ini adalah penurunan yang sangat besar dan perlu mendapatkan perhatian, terutama oleh Anda yang punya penyakit asam urat.

Vitamin C memiliki zat antioksidan dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin C bisa meningkatkan ekskresi asam urat melalui urin. Atau, bisa membersihkan asam urat Anda keluar dari tubuh melalui urin sehingga Anda tetap sehat.

Vitamin C bisa Anda dapatkan dari buah jeruk (tertinggi), pepaya, nanas, mangga, melon, kiwi, berri, sirsak dan jambu biji. Sayur yang mengandung banyak vitamin C antara lain brokoli, bunga kol, tomat, kubis, lobak, bayam, kacang polong, dsb.

Atau dengan mengonsumsi obat farmasi atau obat herbal berupa tablet ataupun minuman. Ya, Anda bisa memilih obat asam urat alami mana yang Anda suka.

Yang terpenting, Anda harus menyembuhkan asam urat Anda sehingga tidak kambuh lagi. Apa pun obat asam urat yang Anda konsumsi. Hidup sehat itu sangat nyaman dan menyenangkan.

obat herbal penyakit asam urat