Obat Penurun Kolesterol Jahat Cegah Anda dari Ancaman Stroke dan Sakit Jantung

Advertisement

OBAT penurun kolesterol jahat sangat diperlukan untuk mencegah Anda dari ancaman stroke dan sakit jantung. Ya, betul. Kolesterol jahat jika tidak diobati dengan sungguh-sungguh bisa menjadi ancaman bagi kesehatan Anda.

Berapa kadar kolesterol Anda sekarang? Belum pernah diukur atau dicek? Coba diukur sekarang. Datang ke klinik atau puskesmas. Jangan sampai terlambat, terutama jika Anda sudah berusia 40 tahun lebih.

Adik ipar saya usia 53 tahun. Ia merasa sakit di tengkuk dan punggung dua bulan lalu. Dicarikan tukang pijat. Sembuh, tetapi beberapa hari kemudian, sakit muncul lagi. Dipijat lagi, eh.. beberapa hari kemudian mucul lagi.

Akhirnya periksa ke dokter. Ternyata, diketahui kolesterolnya tinggi. Bahkan, kolesterolnya sudah menyebabkan jatungnya juga sakit. Untung, masih dalam tahap awal sehingga bisa diobati dengan mudah.

Kolesterol Jahat Berlebihan Bisa Membuat Aliran Darah Terhenti

sakit jantungterkena serangan jantung akibat kolesterol jahat (sumber:youtube.com)

Bagaimana dengan kolesterol Anda?

Ada dua jenis kolesterol yang mengalir dalam darah Anda, yaitu:

1. Kolesterol baik (HDL) dan

2. Kolesterol jahat (LDL).

Keduanya punya fungsi atau tugas yang berbeda. Tetapi, jika kolesterol jahat berlebihan, ia bisa menyebabkan penyakit jantung.

Sebagian besar kolesterol dalam tubuh kita dihasilkan oleh hati. Sebagian lainnya dihasilkan oleh makanan yang kita konsumsi.

Tetapi, kolesterol tersebut baru bisa mengalir ke semua organ yang membutuhan pasokan darah seperti jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya, memerlukan LDL (kolesterol jahat).

Atau dengan kata lain, tugas kolesterol jahat adalah mengangkut semua kolesterol baik (HDL) dan semua lipoprotein ke semua jaringan tubuh seperti disebutkan di atas.

Kolesterol jahat menjadi masalah jika jumlahnya berlebihan sehingga terjadilah kolesterol tinggi. Kepekatan kolesterol jahat akan menimbulkan endapan-endapan yang menempel di dinding pembuluh darah.

Kian lama, endapan makin banyak. Rongga pembuluh darah pun makin menyempit. Bahkan, bisa menyumbat aliran darah. Ini bisa menyebabkan penyakit kronis seperti jantung koroner, stroke, dan penyakit lain.

5 Penyebab Terjadi Kolesterol Jahat yang Tinggi

Ada beberapa penyebab mengapa kolesterol jahat bisa tinggi sehingga menimbulkan ancaman serius terhadap kesehatan Anda. Antara lain adalah:

1. Faktor Genetik atau Keturunan

Ini adalah yang terbanyak. Artinya, kebanyakan kasus kolesterol tinggi akibat keturunan. Jika keluarga Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi, ada kemungkinan keturunannya juga terkena kolesterol tinggi, termasuk Anda.

2. Usia Tua

Makin bertambhah usia juga bisa menyebabkan terjadinya gangguan kolesterol tinggi. Ini tidak lain akibat metabolisme tubuh yang makin lambat akibat usia tua. Akibatnya, kadar kolesterol jahatnya (LDL) akan naik.

3. Kegemukan

Kegemukan atau obesitas juga bisa menjadi penyebab terjadinya kolesterol tinggi. Ini terjadi akibat kalori yang berlebih. Sementara, kalori berlebih akan berubah menjadi lemak. Setelah mengendap dalam tubuh Anda, lemak akan menjadi kolesterol.

4. Menderita Diabetes

Penderita diabetes juga bisa terkena kolesterol tinggi. Sebab, mereka memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Ini membuat kadar LDR-nya meningkat, sementara kadar HDR-nya makin menurun.

5. Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk dalam keseharian untuk bidang kesehatan juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Misalnya, mengonsumsi makanan tidak sehat, tidak pernah olahraga, merokok, minum alkohol, dsb.

Tentu saja, kolesterol jahat yang tinggi bisa dicegah jika Anda menerapkan pola hidup sehat. Apalagi, jika Anda sudah berusia tua. Anda harus punya perhatian besar untuk membuat tubuh Anda sehat.

Banyak minum air putih bisa membantu. Selain itu, hindari makanan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Misalnya, daging kambing, daging bebek dan kulitnya, kulit ayam, jeroan, otak sapi, santan, kerupuk, kue, telur burung putih, dan cumi-cumi.

bersepedaolahraga ringan seperti bersepeda bisa mencegah kolesterol (sumber:woocara.blogspot.com)

Mengonsumsi Obat Penurun Kolesterol Jahat dan Diet

Untuk menurunkan kolesterol tinggi, Anda bisa mengonsumsi obat penurun kolesterol jahat. Baik obat kimia berdasarkan resep dokter seperti simvastatin, obat kolesterol alami, atau obat herbal penurun kolesterol.

Banyak obat herbal dijual di toko-toko herbal atau dijual secara online. Misalnya, Evening Primrose Oil, Obat Herbal Colestro, Jiang Chun Yi Suan Wan, Herbal Tiens Teh Hijau, dsb.

Anda bisa pilih salah satu yang Anda pandang terbaik. Tetapi, Anda sebaiknya melengkapi konsumsi obat penurun kolesterol ini dengan melakukan diet. Menurut pengalaman saya, diet sehat adalah cara efektif untuk menurunkan kolesterol.

Saya juga pernah menderita kolesterol tinggi, yakni 253 mg/dl. Saya perlu waktu 21 hari untuk menurunkan kolesterol saya hingga 191 mg/dl. Ini adalah hasil yang sangat bagus menurut dokter yang memeriksa saya.

Karena efektivitas diet untuk membuat diri saya sehat, saya sampai sekarang tetap melakukan diet untuk membuat tubuh tetap bebas dari kolesterol jahat yang tinggi. Alhamdulillah, sampai sekarang kolesterol saya tetap stabil dan saya merasa lebih sehat.

Kini, andalan saya untuk menyehatkan diri adalah diet. Tidak berat. Anggap saja ini adalah bagian dari hidup. Hidup memang selalu punya risiko. Ya, risiko untuk memperbaiki cara makan dan cara hidup.

Makin bertambah usia, makin lemah daya tahan tubuh untuk menangkal semua risiko penyakit. Yang harus kita perbesar sekarang adalah keinginan untuk hidup sehat.

Apa pun risikonya, kita lebih menyukai hidup sehat daripada mengonsumsi makanan favorit tetapi kemudian sakit berat. Misalnya, stroke atau sakit jantung. Huhh, jangan sampai seperti itu…..

Terima kasih atas kesediaan Anda membaca artikel Obat Penurun Kolesterol Jahat Cegah Anda dariĀ  Stroke dan Sakit Jantung ini. Semoga Anda bisa menjaga kesehatan Anda dengan baik sehingga tetap sehat.

Save

Save

Save

Save

Advertisement