8 Obat Tradisional Asam Urat, Ampuh untuk Obati Sakit Anda

Posted on

ANDA bisa menggunakan obat tradisional untuk menyembuhkan sakit asam urat. Apalagi, jika sekarang ini penyakit asam urat Anda belum tergolong berat. Anda bisa menyembuhkannya dengan menggunakan obat tradisional asam urat.

Tentu saja, dengan menggunakan obat asam urat tradisional, Anda tidak memerlukan biaya besar untuk membeli obatnya. Sebab, Anda bisa mendapatkan bahan pembuatan obat di pekarangan. Tanaman obat itu bisa tumbuh di mana saja.

Anda juga bisa menanam sendiri tanaman obat tradisional untuk asam urat khususnya atau berbagai penyakit lain. Anda bisa menanam di depan rumah, di samping atau di belakang rumah.

Apalagi, jika tanah Anda luas. Bisa menanam banyak tanaman obat untuk berbagai penyakit. Jika tidak, ya Anda bisa membeli bahan obat tradisional asam urat di pasar-pasar tradisional. Lalu, Anda membuat sendiri obat asam urat yang Anda maksud dengan bahan dari tanaman tradisional.

Kemanjuran Obat Tradisional Asam Urat Buatan Sendiri

obat asam urat tradisional membuat obat asam urat tradisional (sumber:vigpower.web.id)

Sesungguhnya, Indonesia kaya dengan tanaman obat tradisional. Obat apa saja ada. Hanya pelestariannya yang sangat kurang. Bahkan, perhatian untuk itu juga sangat kecil.

Yang termudah memang tinggal membeli produk jadi di toko-toko obat, apotek atau lainnya. Selain tidak perlu repot, juga lebih berkualitas dan nyaman. Banyak orang pilih membeli obat jadi.

Selain itu, proses penyembuhan dari obat farmasi lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan obat alami. Itu sangat disukai oleh kebanyakan konsumen.

Tetapi, belakangan obat herbal kembali banyak disukai, termasuk obat herbal asam urat. Walaupun, persentasenya masih kecil. Obat herbal umumnya aman dari efek samping.

Sesungguhnya, obat tradisional, termasuk obat tradisional asam urat, telah dipergunakan turun temurun. Saya pun pernah menggunakan obat tradisional untuk penyakit maag saya sebagai ganti obat resep dokter.

Saat itu, saya telah minum banyak obat maag berdasarkan resep dokter. Tidak hanya satu dokter, tetapi dari tiga dokter. Tetapi, maag saya selalu kambuh lagi ketika obat yang saya konsumsi habis.

Dua atau tiga minggu kemudian, penyakit maag kambuh lagi.

Itu berlangsung bertahun-tahun sampai akhirnya saya minum obat tradisional berdasarkan saran seorang teman. Nyatanya, obat tradisional itu mampu menyembuhkan maag saya sampai sekarang.

Pernah, suatu saat maag saya kambuh karena makan makanan larangan seperti makan buah asam. Saya coba minum obat maag bebas yang saya beli di toko dekat rumah.

Sampai obat habis, maag saya belum juga sembuh. Akhirnya, saya kembali membuat obat tradisional dengan bahan kunyit. Beberapa kali minum, maag pun sembuh. Ya, ini pengalaman pribadi.

8 Obat Asam Urat Tradisional yang Bisa Anda Pilih

khasiat daun salam obat herbal asam urat dari daun salam (foto:bukalapak.com)

Kembali ke obat tradisional asam urat. Berikut ini adalah beberapa contoh bahan obat asam urat tradisional yang bisa Anda pilih dan kemudian membuat sendiri obat asam urat alami.

1. Obat Tradisional Asam Urat Daun Salam

Daun salam ini sangat populer di kalangan ibu-ibu. Sebab, daun ini merupakan bumbu pelengkap untuk masakan. Hampir tiap hari ibu rumah tangga menggunakan daun ini.

Selain untuk bumbu masak, daun salam juga berkhasiat sebagai obat, termasuk obat tradisional asam urat. Pada daun salam terdapat senyawa antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan, yakni tannin dan flavonoid.

Anda bisa membuat sendiri dengan bahan 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air + ½ batang sere hingga tersisa 200 cc air. Air hasil rebusan inilah yang diminum sebagai obat. Atau, membeli obat jadi berupa obat herbal asam urat seperti gambar di atas.

2. Obat Asam Urat dari Tanaman Tempuyung

Tanaman tempuyung mengandung senyawa seperti alfa-lactocerol, manitol, inositol, ilica, kalium, flavonoid, dan taraksasterol. Tidak hanya menyembuhkan sakit asam urat, tempuyung juga bisa dipergunakan untuk menurunkan darah tinggi dan menyembuhkan wasir. Tempuyung adalah obat tradisional asam urat yang multikhasiat.

3. Obat Asam Urat Tradisional Sidaguri

Tanaman obat ini mengandung senyawa alkanoid, fenol, kalsium, tanin, saponin, asam amino, minyak asiri, zat phlegmatic, kalsium oksalat, steroid, flavonoid, dan efedrin.

Selain menyembuhkan asam urat, sidaguri juga bisa digunakan menyembuhkan sakit rematik dan asma.

Cara membuat minuman obat dari bahan Sidaguri adalah rebus akar sidaguri kering (dipotong tipis-tipis) secukupnya (10-15gr) dalam 3 gelas air. Biarkan ir sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas.

Silakan minum dua kali sehari dan masing-masing setengah gelas. Ibu hamil dilarang meminum obat asam urat tradisonal ini.

4. Kumis kucing dan meniran

Meniran juga sangat bagus untuk obat trdisional asam urat. Kandungan zat pada tanaman ini antara lain filantin, hipofilantin, kalium, damar, tanin, dan flavonoid. Ia sangat manjur untuk menyembuhkan asam urat Anda.

Tanaman kumis kucing juga mengandung senyawa orthosiphonin glikosida yang berguna untuk membuang kelebihan asam urat dari tubuh. Cara membuatnya sebagai obat adalah rebus 5 lembar daun kumis kucing dan 5 ranting kecil meniran dalam 3 gelas air. Meniran bisa direbus hingga air tersisa separohnya. Anda bisa minum beberapa kali dalam sehari.

5. Obat Herbal Asam Urat Sambiloto

Anda juga bisa membuat obat asam urat tradisional dari tanaman sambiloto. Rebus 30 gram sambiloto segar, 15 gram sambiloto kering dan 25 gram kunyit.

Tentu saja, sebelumnya Anda harus cuci dulu semua bahan yang akan direbus. Obat tradisional untuk asam urat ini bisa Anda minum 2 kali sehari.

6. Obat Asam Urat dari Daun Sirsak

daun sirsak untuk asam uratminuman dari daun sirsak untuk asam urat (sumber:manfaatdaunsirsak.com)

Anda juga bisa membuat obat tradisional asam urat dari daun sirsak. Daun ini mengandung vitamin C dan vitamin A yang cukup tinggi sehingga bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda.
Daun sirsak juga bisa memperingan sakit sendi Anda saat penyakit asam urat kambuh.

Cara membuat obat dari daun sirsak ini sangat mudah. Siapkan 5 lembar daun sirsak muda. Rebus dengan air yang bersih hingga mendidih. Minum air rebusan daun sirsak itu rutin tiap hari.

Daun sirsak ini juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit stroke. Ada penderia stroke ringan yang berhasil sembuh dengan mengonsumsi minuman dari daun sirsak ini. Anda ingin mencoba, silakan.

7. Obat Asam Urat Jahe + Daun Salam

Tanaman jahe sama dengan daun salam. Keduanya sudah sangat dikenal oleh para ibu yang suka memasak sendiri. Jahe merupakan salah satu bahan bumbu masak.

Selain itu, jahe juga berkhasiat sebagai obat, termasuk obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Jahe bisa meredakan nyeri sendi karena asam urat. Bahkan, mampu mengeluarkan tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah.

8. Obat Tradisional Asam Urat Daun Seledri

Daun seledri juga bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Misaln ya, hipertensi (darah tinggi), asam urat, dan rematik.

Seledri mengandung banyak zat untuk kesehatan, seperti klorin, asam lemak esensial, inositol, sulfur, folat, potasium, mangan, fosfor, selenium, seng, vitamin B1 dan vitamin A. Ia cukup ampuh untuk menyembuhkan nyeri sendi karena asam urat.

Ambil biji seledri 2 gram yang sudah dicuci bersih. Rebus dengan 110 ml air bersih hingga mendidih selama 15 menit. Saring lalu minum airnya sebagai obat. Anda bisa minum satu kali sehari sebagai obat tradisional asam urat.

Demikian beberapa obat tradisional asam urat yang bisa Anda coba. Sebenarnya, masih banyak obat alami untuk asam urat yang bisa Anda buat sendiri. Tetapi, dengan 8 contoh tersebut sudah cukup untuk mengobati asam urat Anda hingga tuntas.

Tetapi, jika Anda merasa repot dengan membuat minuman obat asam urat sendiri, Anda bisa memilih obat herbal asam urat yang bisa Anda beli di toko obat herbal, baik online atau offline.

Bahkan, kualitasnya lebih bagus. Ya, itu terserah Anda untuk memilih yang mana. Yang terpenting, Anda harus mengobati sakit asam urat Anda sehingga tidak menjadi lebih buruk.

Selamat untuk sembuh dari penyakit asam urat yang sangat menjengkelkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *