Penyebab Penyakit Jantung dan Cara Mencegahnya

Advertisement

INGIN terhindar dari penyakit jantung? Ya, tentulah. Semua orang pasti tidak ingin terkena penyakit mematikan ini. Caranya, kenali apa penyebab penyakit jantung dan bagaimana cara mencegahnya.

Dengan mengenali penyebabnya, Anda bisa menghindarkan diri dari sakit jantung. Umumnya orang terkena penyakit jantung karena tidak atau kurang mengenali penyebabnya. Akibatnya, mereka tidak menghindari atau mencegah penyebabnya sehingga terkena sakit jantung.

Sebagai perbandingan, misalnya ada orang sering sakit perut. Penyebabnya karena ia suka minum air kemasan yang sudah kedaluwarsa. Tetapi, ia hanya mengobati sakit perut tanpa mencegah atau menghindari penyebabnya. Ia tetap saja minum air itu. Ya, sakit perutnya selalu berulang.

Demikian pula penyakit jantung. Untuk menghindarkan diri dari sakit jantung, ya Anda harus menghindari atau mencegah penyebab penyakit jantung. Pertanyaannya, apa saja penyebab sakit jantung itu?

Penyebab Penyakit Jantung: Konsumsi Kokain, Pembuluh Darah Retak…

penyakit jantungterkena penyakit jantung koroner (sumber:health.detik.com)

Banyak penyebab sakit jantung yang harus Anda hindari supaya Anda tidak terkena sakit jantung.
Biasanya, serangan jantung terjadi akibat pasokan darah ke jantung terganggu. Pasokan darah konstan yang mengandung oksigen sangat diperlukan supaya jantung tetap berfungsi.

Jika pasokan darah tidak berjalan lancar akibat berbagai faktor, maka otot-otot jantung bisa rusak dan akhirnya mati.

Itulah sebabnya, orang yang terkena serangan jantung harus segera dilarikan ke rumah sakit. Tujuannya supaya ia bisa segera mendapat pengobatan yang bisa menyelamatkan jiwanya.

Ya, otot jantung bisa segera diobati. Kerusakan otot jantung yang lebih berat bisa dihindari. Kerusakan yang terjadi di sebagian besar jantung atau henti jantung bisa menyebabkan kematian.

Berikut ini beberapa penyebab serangan jantung:

1. Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner adalah penyebab utama terjadinya serangan jantung. Dalam kodisi ini, pembuluh koroner tersumbat oleh plak atau tumpukan kolesterol.

Apalagi ketika plag mengalami keretakan. Ini bisa menyebabkan terjadinya penggumpalan darah yang bisa menghalangi aliran pasokan darah menuju jantung. Kondisi inilah yang akhirnya menyebabkan terjadinya serangan jantung.

2. Kokain Penyebab Kematian Usia Muda

Penggunaan kokain juga merupakan penyebab utama sakit jantung. Bahkan, tidak sedikit anak muda meninggal akibat mengonsumsi kokain. Kokain adalah obat stimulan saraf.

Selain kokain, penyalahgunaan obat-obatan ini sering terjadi dengan mengonsumsi amphetamine (shabu), dan methamphetamine (ekstasi).

Konsumsi obat-obatan itu bisa menyebabkan penyempitan pembuluh koroner, memicu serangan jantung dan menghambat pasokan darah.

3. Pembuluh Darah Retak

Penyebab serangan jantung lainnya adalah pembuluh darah retak. Hal ini terjadi akibat dinding pembuluh darah yang lemah sehingga tidak mampu menahan tekanan darah yang melewatinya.

Jika keretakan terjadi pada pembuluh koroner, maka aliran darah bisa berhenti dan terjadilah serangan jantung.

4. Kekurangan Oksigen

Kekurangan oksigen juga bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung. Biasanya, kekurangan oksigen (hipoksia} dalam darah ini akibat keracunan karbonmonoksida atau paru yang rusak.

Mereka yang Punya Risiko Kena Penyakit Jantung

sakit jantungperokok memiliki risiko besar kena sakit jantung (sumber:saibumi.com)

Siapa saja yang punya risiko mudah kena penyakit jantung? Aspek ini juga harus mendapatkan perhatian sehingga Anda bisa menghindari dan mencegahnya. Jantung Anda pun akan tetap sehat.

1. Tambah Usia

Usia bertambah bisa menyebabkan kemungkinan terkena sakit jantung. Ya, ini risiko dari bertambahnya usia. Ya, sebaiknya Anda ikhlas memasuki periode lanjut usia. Ikhlas menerima kenyataan bahwa usia Anda sudah bekepala 6 atau 7, misalnya, dan Anda pun selalu sehat. Penyakit jantung lebih banyak menyerang wanita.

Baca Juga: Mencegah Diabetes – Jangan Konsumsi Nasi dalam Porsi Besar

2. Perokok

Perokok juga punya risiko kena penyakit jantung. Risikonya mencapai 24%. Merokok bisa meningkatkan tekanan pada jantung sehingga jantung harus bekerja lebih keras dibandingkan dengan kondisi normal.

Peningkatan tekanan pada jantung akibat karbonmonoksida dan nikotin yang terdapat pada rokok. Selain itu, merokok juga bisa menyebabkan terjadinya penggumpalan darah dan merusak lapisan pembuluh darah.

3. Suka Minuman Keras

Anda suka minuman keras? Risiko bagi peminum adalah sakit hipertensi dan kolesterol tinggi. Jika kedua penyakit itu tidak segera diobati, ya risikonya bisa kena sakit jantung atau sakit paru.

Peminum biasanya juga tidak memperhatikan pola hidup sehat. Misalnya dengan suka makan makanan berlemak dan kurang berolahraga.

4. Konsumsi Makanan Berlemak

Kebiasaan ini juga bisa berisiko kena sakit jantung. Sebab, makanan berlemak jenuh bisa menyebabkan seseorang terkena sakit jantung. Tentu saja, Anda harus mencegah terjadinya kolesterol tinggi pada diri Anda dengan menghindari makanan berlemak.

5. Punya Darah Tinggi, Diabetes dan Kolesterol

Anda menderita sakit darah tinggi (hipertensi)? Jika ya, hati-hati. Anda berisiko kena sakit jantung jika sakit hipertensi tidak Anda obati hingga tuntas.

Hal yang sama juga terjadi pada penderita diabetes dan kolesterol tinggi. Penyakit diabetes dan kolesterol tinggi yang tidak diobati hingga tuntas juga bisa menjadi penyebab sakit jantung. Solusi terbaik adalah mencegah dan mengobati sakit darah tinggi, diabetes dan kolesterol tinggi.

6. Kurang Olahraga

Gerak fisik seperti jalan kaki, jogging, senam, bersepeda  dan olahraga sangat penting untuk membuat tubuh Anda tetap sehat. Tak pernah olahraga dan kurang gerak bisa membuat Anda rentan terkena penyakit darah tinggi, kolesterol tinggi, dan akhirnya penyakit jantung.

Ya, Anda sebaiknya menyediakan waktu sebentar untuk berolahraga ringan. Cukup 30 menit tiap hari dan Anda bisa melakukan di sekitar rumah atau di kompleks perumahan tempat Anda tinggal.

Minum Obat Penyakit Jantung

Jika Anda sudah terkena penyakit jantung, ya Anda harus minum obat jantung supaya jantung Anda kembali sehat. Bukan bertambah sakit. Salah satu cara mencegah sakit jantung adalah periksa jantung. Misalnya, 5 tahun sekali. Anda perlu mengetahui persis kondisi kesehatan jantung Anda.

Tentu saja, sebelum memeriksa kesehatan jantung, Anda harus menghindari sakit darah tinggi, kolesterol tinggi, dsb. Jika Anda sekarang sudah menderita darah tinggi dan kolesterol tinggi, Anda harus secepatnya menurunkan tekanan darah tinggi atau kadar kolesterol menjadi normal.

Banyak obat herbal atau obat tradisional yang bisa Anda konsumsi untuk menyembuhkan berbagai penyebab penyakit jantung. Yaitu, penyakit darah tinggi (hipertensi), penyakit kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Anda bisa membelinya di toko online atau toko obat herbal.

Untuk obat tradisional, Anda bisa membuat dari tanaman obat. Baik dengan membeli bahan di pasar tradisional atau mencari di kebun. Anda bisa membuat sendiri obat tradisional.

Demikian artikel mengenai penyebab penyakit jantung dan cara pencegahannya. Atau, bagaimana cara menjaga agar jantung Anda tetap sehat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Advertisement