Ramuan Tradisional Sangat Manjur untuk Menurunkan Kolesterol

Advertisement

ANDA bisa membuat sendiri ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol. Cara ini sangat mudah dan murah. Saya pun suka membuat ramuan dari tanaman atau buah yang punya khasiat obat. Hasilnya, sangat baik dan bisa menurunkan kolesterol, darah tinggi, sakit maag, dsb.

Tetapi, jika Anda tidak ingin repot membuat ramuan tradisional, ya Anda bisa membeli obat herbal yang juga dibuat dari bahan-bahan tanaman obat atau bahan obat alami seperti halnya ramuan tradisonal.

Ya, untuk menyembuhkan penyakit apa pun, obat herbal kini tersedia di banyak toko obat herbal atau toko online. Soal kemanjurannya, ya tergantung pada banyak hal.

Misalnya, tingkat sakitnya, jenis atau merek obat herbal yang dikonsumsi, daya tahan pasien, jenis ramuan yang dikonsumsi, dsb. Tetapi, banyak orang yang sukses menyembuhkan sakitnya dengan minum obat herbal.

Saya sendiri merasakan bahwa obat herbal maupun ramuan tradisional sangat membantu. Bahkan, juga bisa menyembuhkan sakit yang tidak pernah sembuh dengan minum obat resep dokter.

Ini saya alami, terutama untuk penyembuhan maag. Saya berkali-kali minum obat resep dokter. Tetapi, tiap kali obat resep dokter habis, dua atau tiga minggu kemudian, maag kembali kambuh.

Maag saya sembuh total setelah minum obat atau ramuan tradisional dari tanaman obat. Hingga sekarang, maag saya tidak kambuh lagi.

Tentu saja, ini tidak bisa sekali minum langsung sembuh. Begitu muncul lagi, saya langsung membuat ramuan obat tradisional dan saya minum. Ya, tiap hari sekali selama satu minggu. Cara yang sama saya ulang jika sakit maag kambuh.

Ya, terkadang setengah tahun kambuh. Terkadang satu tahun. Maag kambuh biasanya akibat saya melanggar larangan, seperti mengonsumsi makanan minuman yang rasanya asam atau pedas.

cek kolesterolcek kolesterol (copy: deherba.com)

Cek Kadar Kolesterol Anda Mulai Usia 20 Tahun

Kembali ke ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol. Saya pernah sekali menderita sakit kolesterol tinggi dua tahun lalu. Kolesterol saya adalah 253 mg/dL. Ini adalah kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi yang tidak segera diobati bisa menyebabkan sakit jantung. Umumnya penyakit kolesterol tidak memberi tanda-tanda atau gejala. Tanda-tanda muncul saat sakit kolesterol sudah sangat tinggi. Bahkan, sudah merembet ke jantung.

Ya, kolesterol tinggi yang tidak segera diturunkan atau disembuhkan bisa membuat si penderita kena sakit jantung seperti dialami adik ipar saya, Trisjani (53). Saat periksa dokter, kadar kolesterolnya 285 mg/dl.

Ya, kolesterol ini sangat tinggi. Terpaksa ia harus opname di rumah sakit. Kolesterol normal adalah 150 – 200 mg/dL. Pra-kolesterol tinggi adalah 201 – 139 mg/dl. Kolesterol tinggi adalah 240 mg/dL ke atas.
Akhir Desember 2016 lalu, saya kembali periksa kolesterol. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik.

Kolesterol saya 188 mg/dl berarti normal atau sehat. Yang terbaik tentu saja sekitar 170 – 180 sehingga saya ingin menurunkan lagi supaya lebih aman atau lebih sehat.

  • Kolesterol Normal = 150 – 200 mg/dL.
  • Pra-Kolesterol Tinggi = 201 – 139 mg/dL.
  • Kolesterol Tinggi = 140 mg/dL ke atas.
  • Kolesterol Rendah = kurang dari 150 mg/dL.

Anda sebaiknya cek kadar kolesterol tiap 4 – 6 tahun sekali. Sejak kapan? Jika bisa, ya sejak usia 20 tahun. Biaya cek kolesterol juga murah. Tetapi, manfaatnya sangat besar.

Anda juga bisa memiliki sendiri alat ukur kolesterol. Anda bisa membeli alat tes kolesterol digital. Bisa memilih alat tes dengan harga sesuai keinginan dan dana Anda. Dari Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta.

Jika dari tes kolesterol diketahui kolesterol Anda mendekati 200, Anda bisa segera menurunkannya. Atau diketahui sudah lebih dari 200 mg/dL, Anda harus segera menurunkannya sampai pada posisi kolesterol normal.

Kolesterol normal adalah tanda Anda sehat.

Daftar Ramuan Tradisional untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Sebenarnya banyak buah dan tanaman yang bisa menjadi bahan pembuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol tinggi. Ini adalah kemurahan dari Tuhan yang menciptakan banyak tumbuhan atau bahan alam lain sebagai sebagai obat.

Baik buahnya, daunnya, akarnya, dsb. Anda bisa pilih mana yang mudah mendapatkan bahannya, mudah membuat ramuannya, dan khasiatnya tinggi.

Antara lain:

1. Buah Alpukat, Mengandung Asam Folat, Niasin, Berbagai Vitamin

jus alpukatBuah alpukat bisa Anda dapatkan di tempat penjualan buah. Ini tidak sulit. Harganya juga tidak mahal.

Alpukat mengandung asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, B6, vitamin C, E, fofor, zat besi, kaliun, magnesium, glutation dan kaya akan serat serta asam lemak tak jenuh tunggal.

Dengan kandungan tersebut, konsumsi buah alpukat bisa menurunkan kadar kolesterol darah dan trigliserida.

Anda bisa konsumsi buah ini dalam keadaan mentah.

Tentu saja, setelah dicuci.

2. Belimbing Manis, Mencegah Penyerapan Lemak hingga Kolesterol Turun

Belimbing manis juga sangat baik Anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol tinggi. Sebab, serat pada buah ini mampu mencegah penyerapan lemak sehingga membuat buah ini bisa menurunkan kadar kolesterol Anda. Selain itu, juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Khasiat lain adalah memperlancar pencernaan. Belimbing juga mengandung vitamin C yang tinggi dan mampu mencegah sakit kanker.

Cara konsumsi belimbing untuk menurunkan kolesterol adalah pilih belimbing yang cukup besar. Konsumsi 1 setelah makan pagi dan 1 setelah makan malam. Mudah kan?

3. Bawang Putih, Mampu Menurunkan Kolesterol Jahat 10%

bawang putihBawang putih juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menurunkan kolesterol. Sebuah studi di Universitas Munich Jerman menyebutkan bahwa bawang putih bisa menurunkan kolesterol jahat sekitar 10% dalam empat bulan.

Hanya saja, rasa dan bau bawang putih amat tajam sehingga terasa kurang nyaman. Jika ingin minum ramuan bawang putih dengan nyaman, ya Anda bisa memilih obat herbal yang terbuat dari bawang putih. Banyak obat herbal dibuat dari bawang putih dan bisa Anda pilih. Atau Anda membuatnya dalam bentuk jus sehingga terasa lebih segar.

Saya juga sering mengonsumsi bawang putih ini. Caranya, bawang saya potong kecil-kecil (tipis) dan saya taburkan di nasi yang akan saya konsumsi. Jadi, saya campur dengan nasi. Rasa tidak berkurang banyak.

Anda bisa mengonsumsi 1 – 2 siung bawang putih tiap hari.

4. Bawang Merah: Turunkan Kolesterol, Gula Darah dan Trigliserida

Bawang merah juga sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol. Bawang merah mengandung senyawa flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan dan bisa menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan gula darah. Anda bisa konsumsi 20 gram bawang merah segar tiap hari.
Cara mengonsumsinya, bawang merah diiris tipis-tipis dan ditaburkan pada nasi. Ya, sama dengan apa yang saya lakukan dengan bawang putih (nomor 3). Anda bisa mengonsumsi tiga kali sehari.

5. Kunyit, Favorit Saya untuk Sembuhkan Maag

sari kunyitBanyak nama untuk tanaman obat ini. Kunyit adalah favorit saya untuk mengobati sakit maag setelah obat resep dokter tak mampu menyembuhkan sakit maag saya.

Kini, saya bebas dari sakit maag lagi. Saya telah tes beberapa kali makan buah mangga yang manis tetapi tetap mengandung rasa asam. Dulunya, tiap habis makan buah mangga, maag saya kambuh. Kini tidak lagi.

Hanya saja, saya tidak ingin ceroboh dengan makan banyak buah mangga. Saya tetap ingin sehat, walaupun tidak bebas menikmati buah mangga. Buah lain yang aman masih banyak.

Tidak hanya sakit maag. Kunyit juga baik untuk menurunkan darah tinggi, menurunkan kolesterol tinggi, melancarkan darah dan energi vital, menghilangkan sumbatan, peluruh kentut dan haid, mempermudah persalinan, antibakteri, antiinflamasi, serta memperlancar pengeluaran empedu ke usus.

Cara mengonsumsinya, ambil 10 gram rimpang kunyit segar, bersihkan lalu diiris tipis-tipis. Irisan kunyi direbus dengan air 2 gelas hingga tersisa 1 gelas. Sebelum Anda minum, air rebusan kunyit disaring. Minum setelah dingin 3 kali tiap hari selama 12 minggu.

Sesungguhnya masih banyak bahan ramuan tradisional lain yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol tinggi. Misalnya, kubis, kacang tanah, tempe, labu siam, sambiloto, jamur kuping putih, temu lawak, seledri, mentimun, dsb.

Ya, sepenuhnya terserah Anda. Ramuan tradisional mana yang ingin Anda pilih. Yang jelas, kolesterol tinggi harus diturunkan supaya Anda tidak terkena sakit jantung, stroke, dsb.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk penurunan kolesterol tinggi Anda.

Save

Advertisement