Sakit Maag – 6 Pantangan Asam Lambung Harus Anda Hindari

Posted on

ANDA menderita sakit maag? Coba hindari makanan atau buah pantangan asam lambung biar sakit maag Anda tidak suka kambuh. Penyakit maag yang suka kambuh sangat menjengkelkan.

Apalagi, sakit maag kambuh di tengah malam saat tidur nyenyak. Waduhh, sangat repot. Jika rasa perih di lambung dibiarkan, Anda justru tidak bisa tidur semalaman. Ingin mencari makanan untuk meredakan rasa perih di lambung, terpaksa harus bangun cari makanan.

Ya, kalau makanan masih ada. Kalau semua sudah habis disantap oleh anggota keluarga yang lain, ya sangat repot. Ingin beli di warung sebelah, semua sudah ditutup.

Ingin keluar mencari warung atau swalayan 24 jam, wah harus mengeluarkan motor. Apalagi, jika sedang cuaca dingin dan swalayan/supermarketnya agak jauh dari rumah.

Itulah repotnya orang yang menderita sakit maag atau sakit asam lambung. Rasa perih di lambung akibat naiknya asam lambung dapat terjadi kapan saja, terkadang di tengah malam saat Anda nyenyak tidur.

Solusi atau jalan keluar terbaik tentu saja Anda harus mencegah atau menghindari terjadinya peningkatan asam lambung. Caranya dengan menghindari makanan dan minuman yang terasa asam, pedas, dsb. Ya, makanan dan buah pantangan maag.

Tidak sulit sebenarnya untuk menyembuhkan sakit maag. Tetapi, banyak orang merasa tidak bisa makan tanpa rasa pedas. Pedas adalah bagian dari makanan yang harus dikonsumsinya.

Ya, dengan cara itu sakit maag tak akan segera pergi. Maag tida akan bisa disembuhkan. Salah satu cara penting menyembuhkan sakit maag adalah menghindari pantangan sakit apa.

6 Makanan Pantangan untuk Penderita Sakit Maag

asam lambung(sumber:ukynews.com)

Berikut ini adalah beberapa makanan dan buah pantangan asam lambung atau pantangan sakit maag yang harus Anda hindari supaya penyakit maag tidak kambuh lagi. Ya, supaya maag Anda tidak meningkat menjadi penyakit maag akut.

Sekali lagi, yang paling penting adalah menghindari makanan penyebab maag dengan sungguh-sungguh. Biarpun Anda minum obat sakit maag, tetapi jika Anda tetap mengonsumsi makanan-minuman pantangan, ya minum obat seperti sia-sia.

Artinya, obat maag tidak akan bekerja efektif untuk menyembuhkan maag Anda. Alasannya, ya karena   Anda masih mengonsumsi makanan minuman pantangan.

Makanan pantangan maag yang harus Anda hindari karena sebagai pemicu terjadinya sakit maag adalah:

1. Makanan Pedas

Seperti sudah disinggung pada awal artikel ini, makanan pedas adalah salah satu makanan yang harus Anda waspadai secara ekstra. Sebab, makanan pantangan sakit maag adalah makanan minuman rasa pedas.

Selain itu, pengaruh dari makanan pedas juga cepat. Hari ini Anda mengonsumsi makanan pedas, hari berikutnya asam lambung Anda mudah terasa perih jika tak kemasukan makanan beberapa saat.

Tentu saja, kecepatan reaksi tergantung intensitas makanan pedas yang Anda konsumsi. Selain itu, juga tergantung intensitas sakit maag Anda. Pengalaman saya, saus tomat pun membuat maag saya kambuh.

2. Buah yang Berasa Asam

Beberapa buah dengan rasa asam. Misalnya, mangga, jeruk, lemon, anggur, dsb, yang rasanya asam, juga bisa menyebabkan penyakit asam lambung Anda meningkat.

Mangga matang yang kebanyakan orang menyatakan rasanya manis, Anda sebaiknya tidak ikut mengonsumsinya. Sebab, rasa dasar dari mangga adalah asam.

Tetapi, ada baiknya Anda mencoba dulu sedikit. Jika setelah mengonsumsi mangga ini lambung Anda mulai terasa perih, yang jangan diteruskan. Makanan minuman dengan rasa asam berpengaruh buruk pada lambung Anda.

Makanan atau minuman turunan yang dibuat dengan bahan buah yang rasanya asam juga harus Anda hindari. Sebab, itu bisa membuat penyakit maag Anda kambuh.

3. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol juga bisa menjadi penyebab sakit maag. Sebab, minuman beralkohol ini berisiko melemaskan otot stingfer esofagus dan mampu membuat asam lambung naik.

4. Bawang Putih dan Bawang Bombai

Bawang putih ataupun bawang merah juga bisa menyebabkan penyakit asam lambung Anda naik dan lambung terasa perih. Rasa dan bau kedua bumbu dapur itu memang sangat menyengat. Bisa jadi, ia membuat lambung Anda tidak tahan.

Walaupun, ada juga orang yang mengatakan bahwa mengonsumsi bawang merah dan bawang putih tidak apa-apa. Mereka aman-aman saja.

5. Minuman Kafein dan Kopi

Minuman kafein, termasuk minuman kopi, juga bisa menyebabkan Anda menderita sakit maag dengan lambung terasa perih dan nyeri. Tetapi, ini tergantung pada daya tahan Anda. Kalau daya tahan tinggi, Anda tidak akan merasakan pengaruhnya menjadi tidak sehat. Ya, sesuaikan saja dengan kondisi Anda. Jika tidak menyebabkan lambung perih, ya silakan minum. Jika terasa perih, hindari minuman kafein. Sebab, minuman kafein bisa menjadi penyebab sakit maag.

6. Daging, Alpukat, Keju, dsb

Buah dan makanan kelompok ini sesungguhnya bukan penyebab sakit maag secara langsung. Tetapi, lemaknya bisa memperlambat proses pencernaan. Akibatnya, terjadilah peningkatan tekanan yang membuat perut mulas atau sakit maag.

Hindari juga konsumsi keripik kentang, kue-kue kering yang mengandung butter dengan kadar lemak tinggi, brownies, donat, gorengan, dan daging berlemak. Semua makanan itu adalah pantangan asam lambung atau penyebab sakit maag.

obat maag herbalobat maag dari tanaman lidah buaya (sumber: herbal-asamlambung.blogspot.com)

Jangan Merokok dan Konsumsi Minuman Keras: Penyebab Maag

Hal lain yang harus Anda hindari untuk membuat maag atau asam lambung Anda tetap sehat adalah merokok dan mengonsumsi minuman keras. Merokok bisa menyebabkan nyeri ulu hati.

Selain itu, jangan melakukan olahraga berat langsung setelah makan. Sebaiknya Anda tunggu 3 sampai 5 jam baru melakukan olahraga.

Atau berbaring setelah makan. Orang-orang tua dulu juga melarang anaknya habis makan langsung tiduran. Kata mereka, biar makanan yang telah dikonsumsi bisa berjalan lancar dalam pencernaan. Walaupun, larangan mereka tidak disertai alasan yang kuat dan jelas. Tetapi, semua itu benar adanya.

Makan teratur pada jam makan. Jangan sampai makan telat hingga kelewat waktunya. Sebaiknya justru Anda makan sesering mungkin. Sedikit sedikit tetapi berulangkali. Ya, tujuannya supaya sakit  maag Anda bisa sembuh karena di lambung selalu tersedia makanan sehingga tidak membuat lambung Anda perih.

Selain itu, perbanyak minum air putih.

Hindari konsumsi brokoli, kubis, kecambah, susu, kacang-kacangan, dsb. Makanan-makanan ini bisa menaikkan asam lambung bila dikonsumsi berlebihan. Selain itu, makanan-makanan tersebut bisa menimbulkan banyak gas yang dapat membuat perut kembung.

Ya, jika Anda bisa menjalankan semua tips menghindari pantangan sakit maag, Anda bisa bebas dari gangguan asam lambung. Asam lambung Anda akan sehat dan Anda pun akan merasa nyaman. Tidak perlu tengah malam bangun dan bingung mencari makanan sekadar untuk meredakan sakit maag.

Apalagi, jika Anda juga minum obat maag, baik obat farmasi atau hebat herbal. Atau, membuat sendiri dari tanaman obat seperti obat maag dari kunyit sebagaimana yang pernah saya lakukan. Kalau ingin tidak repot, ya beli obat herbal asam lambung atau herbal maag.

Dengan ketekunan mengonsumsi obat herbal dan obat alami membuat sendiri dari kunyit, maag saya benar-benar sembuh.

Tempo hari, saya makan mangga yang asam rasanya. Saya coba makan tiga hari berturut-turut. Tentu saja, tiap makan tidak banyak. Hanya satu atau dua irisan. Alhamdulillah, maag saya tak kambuh. Tidak ada tanda-tanda lambung saya kembali sakit.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat dan Anda sukses menghindari pantangan asam lambung dan Anda pun bebas dari deraan sakit maag.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *