Senam 5 Menit, Cara Cepat Menurunkan Kolesterol dan Anda Pasti Suka

CARA menurunkan kolesterol tinggi sesungguhnya bukan pekerjaan sulit. Saya selalu senam tiap pagi di depan rumah. Berdasarkan pengalaman, senam adalah cara cepat menurunkan kolesterol. Walaupun hanya 5 menit tiap senam.

Anda boleh mencoba. Lakukan senam sehat tiap pagi sebelum berangkat kerja. Tidak perlu lama. Syukur bisa 30 menit tiap kali senam. Kalau tidak, ya kurang dari 30 menit tidak apa.

Yang penting selalu melakukan senam. Rutin tiap pagi. Anda bisa senam di mana saja. Di depan rumah, di teras, di garasi, di jalan depan rumah atau di mana saja. Yang terbaik memang senam di ruang terbuka karena Anda bisa menghirup udara segar.

Jangan malas, jangan malu, dan jangan risi. Yang penting Anda sehat. Kolesterol jahat turun, darah tinggi turun, asam urat turun, diabetes turun, dsb.

Ya, pokoknya Anda harus sehat. Sehat, sehat, dan sehat. Kata sehat harus selalu ada dalam benak. Harus jadi motivasi hidup Anda.

Saya suka mengajak teman, tetangga atau siapa pun untuk membuat diri mereka sehat dengan jalan kaki, senam, diet, dsb. Saya pun sukses menurunkan kolesterol dari kolesterol tinggi ke kondisi normal.

“Wah, saya tidak ada waktu. Saya harus ini, harus itu. Inginnya sih tetap sehat. Tetapi, waktunya itu lo Pak,” jawaban yang sering saya temui saat mengajak warga untuk senam atau jalan kali.

Cara Menurunkan Kolesterol, Senam 5 Menit Kapan Saja dan di Mana Saja

menurunkan kolesterolsenam menurunkan kolesterol tinggi (sumber:zahrocantik.com)

Ya, sebaiknya Anda bisa mengatur waktu. Jangan waktu yang mengatur Anda. Anda adalah khalifah di bumi, kata Alquran.

Itu betul. Andalah penguasa di bumi. Anda yang harus mengatur waktu. Bukan sebaliknya. Sisihkan waktu sedikit saja untuk kesehatan Anda.

Misalnya, saat selesai shalat di masjid, saya suka menyempatkan diri senam di halaman atau teras masjid. Saat pulang sampai di depan rumah, saya berhenti sebentar untuk senam. Misalnya, senam 5 menit atau 10 menit.

Ya, 5 menit cukup. 2 menit pun cukup. Saat akan berangkat kerja, coba senam sebentar aja. Ya, senam yang ringan aja.

Di Kantor, Anda juga bisa senam. Saat istirahat siang, luangkan waktu 5 menit untuk senam. Ya, di mana saja dan kapan saja, jangan lupa untuk senam. Bahkan, sambil jalan pun bisa.

Di tempat kerja pun bisa senam. Atau di tempat istirahat juga bisa senam. Di depan tempat kantin juga bisa senam. Ya, di mana saja dan kapan saja Anda bisa senam dan harus melakukan senam sehat. Intinya, fisik Anda harus sering gerak sehingga sehat.

Bagi Anda yang punya kolesterol tinggi, itu adalah cara menurunkan kolesterol dengan mudah dan efektif.

Gimana, Anda siap untuk senam dengan cara seperti saya gambarkan di atas?

Kalau Anda siap untuk mencoba, itu bagus. Berarti Anda siap untuk hidup sehat. Bagi saya, senam adalah salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami dan siapa pun bisa melakukannya.

Saat ini saya sangat sedih melihat beberapa teman dan kenalan kena stroke. Bahkan, kenalan saya seorang profesor juga kena stroke.

Padahal, profesor usia 53 tahun itu seorang aktivis yang sangat kreatif. Ia punya proyek membuat lembaga pendidikan yang paling maju di Indonesia.

Dia memang suka “bermimpi” (bercita-cita) yang sangat tinggi. Untuk mewujudkan mimpinya itu, ia bersama timnya melakukan studi banding ke beberapa negara. Bukan ke sekolah di dalam negeri.

Di China, ia kunjungi sekolah menengah pertama (SMP). Apa yang istimewa? Banyak gurunya yang bergelar profesor. Woww..

Ia juga ajak timnya studi banding ke Australia. Sebenarnya masih ada rencana studi banding ke negeri lain seperti Thailand.

Sayang, ia sekarang menderita stroke. Kesehariannya hanya di tempat tidur atau di atas kursi roda. Tidak lagi bisa aktif untuk pencapaian cita-citanya yang setinggi langit itu.

obat herbal penurun kolesterolsalah satu obat herbal penurun kolesterol tinggi (sumber:nusaherbal.com)

Biar 5 Menit, Lakukan Senam Tiap Ada Kesempatan. Anda Akan Merasakan Hasilnya

Kembali ke masalah senam sehat sebagai cara menurunkan kolesterol dengan cepat. Ya, senam harus menjadi agenda harian Anda. Di mana saja dan kapan saja, lakukan senam.

Tidak peduli pagi, siang, sore, atau malam. Ada waktu, angkat tangan Anda dan gerakkan ke kanan dan ke kiri. Atau, ayunkan tangan ke atas ke bawah.

Ya, senam yang saya maksud di sini tidak harus seperti pelajaran senam yang diajarkan oleh guru-guru senam. Jika Anda bisa melakukan senam lengkap seperti itu, ya baguslah.

Tetapi, dengan terbatasnya waktu dan tempat, Anda bisa melakukan senam sebisanya. Pilih bentuk gerakan yang mampu membuat diri Anda sehat. Mampu menurunkan darah tinggi, mampu menurunkan kolesterol, dsb.

Ini sangat penting bukan saja bagi Anda yang menderita berbagai penyakit. Tetapi, juga bagi Anda yang sehat supaya Anda tetap sehat dan tak mudah dijangkiti penyakit.

Banyak lo, orang muda tampak sehat tetapi sesungguhnya mereka menumpuk bibit penyakit. Misalnya, anak muda suka minuman keras. Setahun, dua tahun, lima tahun, delapan tahun, bahkan sepuluh tahun, tak apa-apa.

Tetapi, pada tahun ke-16 ia pun menderita sakit stroke. Itulah tetangga saya.

Saat awal terkena stroke, ia mencoba mencegahnya dengan bersepeda. Tiap pagi ia bersepeda di jalan depan rumah saya. Ia pun jatuh bangun saat bersepeda karena pengaruh strokenya.

Ibarat nasi sudah jadi bubur. Ia sudah telanjur kena stroke. Usaha mengembalikan kesehatannya sangat sulit.

Menurut data di Kementerian Kesehatan, 100% penderita stroke mengalami kecacatan. Sebab, sebagian tubuhnya lumpuh.

Stroke bisa diakibatkan oleh darah tinggi atau kolesterol yang tidak diobati dengan sungguh-sungguh. Menyedihkan sekali…

Ya, jika saat ini Anda masih sehat, lakukan senam untuk mencegah kolesterol, darah tinggi, dsb. Jangan sampai Anda terlambat untuk mencegahnya seperti dialami tetangga saya.

Apalagi bagi Anda yang tidak pernah olahraga. Senam sehat sangat penting sebagai penggantinya.

Dulu, sebelum menderita darah tinggi, dokter langganan saya menginformasikan bahwa saya akan terkena penyakit darah tinggi atau hipertensi. Ia minta saya berhati-hati.

Ternyata betul. Satu tahun kemudian, saya mulai merasakan sakit darah tinggi. Berkali-kali saya jatuh sakit karena darah tinggi. Tetapi, kini tidak lagi. Tekanan darah saya sekarang normal.

Cara menyembuhkannya, ya dengan senam sehat dan diet secara rutin. Hingga sekarang, saya sudah 25 tahun lebih menderita sakit darah tinggi.  Saya juga bisa mengatasi kolesterol saya supaya tetap dalam posisi kolesterol normal.

senam aerobik bapak ibu suatu instansi pemerintah senam aerobik bersama (sumber:beritajateng.net)

Senam Aerobik Ampuh untuk Turunkan Kolesterol Jahat

Tetapi, jika Anda ingin sungguh-sungguh menjalani senam untuk menyembuhkan kolesterol jahat Anda, Anda bisa memilih senam aerobik.

Menurut pakar metabolik dan endokrinologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Em Yunir, senam aerobik ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat Anda. Apa alasannya?

“Gerakan teratur dari aerobik ampuh membantu menurunkan kolesterol LDL dalam tubuh. Sebab, banyak lemak yang terbakar dengan gerakan yang teratur,” kata Yunir.

Kepala Divisi Metabolik dan Endokrinologi Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI itu juga menyatakan bahwa kolesterol LDL sering dinamakan kolesterol jahat. Sebab, LDL adalah faktor utama yang menyebabkan serangan jantung.

Kadar LDL yang tinggi bisa menyusup dan menumpuk di dalam pembuluh darah. Kian lama, plag bisa menyumbat saluran pembuluh darah ke jantung ataupun ke otak yang akhirnya mengakibatkan sakit jantung atau stroke.

Nah, senam aerobik ini ternyata mampu memperbaiki resistensi insulin akibat kadar LDL yang tinggi.
Tetapi, Anda sebaiknya melakukan senam aerobik paling tidak dua hari sekali. Jika tidak, pengaruh senam untuk menurunkan kolesterol belum besar.

Kalau males senam aerobik, jelas Yunir, ya jalan kaki aja. Pokoknya, tiap hari 1.000 langkah.
Berat?? Tidak, asal Anda suka jalan keliling permukiman Anda, pasti bisa mencapai 1.000 langkah/hari.

Sama dengan senam yang saya sampaikan di atas. Tiap senam 5 menit, tetapi berulang-ulang sehingga menjadi puluhan menit sehari. Ini akan terasa lebih ringan. Kecuali di hari libur seperti Sabtu dan Minggu. Anda bisa senam 30 menit lebih sekaligus.

Cara mana yang akan dipilih? Ya, terserah Anda. Pokoknya, turunkan kolesterol tinggi Anda karena ia bisa menjadi sumber sakit stroke ataupun jantung. Senam adalah cara menurunkan kolesterol jahat dengan efektif dan mudah Anda lakukan.

Turunkan Kolesterol Jahat Anda dengan Minum Obat Herbal

Selain senam, Anda juga bisa mencegah atau menurunkan darah tinggi dan kolesterol tinggi dengan minum obat herbal kolesterol sebagai pendukung. Ya, ini jika Anda mau.

Anda bisa memilih obat herbal penurun kolesterol dengan merek apa pun.  Ya, pilih mana yang terbaik untuk Anda. Semuanya dengan biaya rendah kok.

Selamat mencoba melakukan senam untuk menurunkan kolesterol Anda.

Demikian artikel mengenai Cara Cepat Menurunkan Kolesterol dan Anda Hanya Perlu 5 Menit. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda.