Senam Pilates, Cara Efektif Menurunkan Perut Pasca Melahirkan

Advertisement

SENAM pilates adalah cara efektif mengecilkan perut setelah melahirkan. Anda bisa mencobanya karena ini bukan perbuatan berat. Yang penting Anda bersedia meluangkan waktu untuk melakukan gerakan pilates biar perut Anda habis melahirkan segera mengempis. Bunda segera tampil langsing dan sehat.

Apalagi untuk Bunda yang bekerja di kantoran, Bunda seorang profesional atau seorang ibu yang selalu ingin tampil langsing dan cantik. Biar telah melahirkan, tetapi Bunda tidak ingin tampil dengan perut buncit.

Walaupun, semua orang mafhum jika ternyata Bunda tampil dengan perut buncit.

“Wah, setelah melahirkan kok kamu tampak makin subur,” komentar ibu yang lain.

“Iya nih. Saya nggak tahu, kok tubuh saya tambah gendut. Efek habis melahirkan mungkin,” jawab Bunda yang dikomentari.

Menurut dokter kebidanan Alyssa Dweck, perut buncit wanita setelah melahirkan adalah akibat peregangan. Kantung pada perut yang terdiri dari lemak, kulit dan otot mengendor.

Senam untuk mengecilkan perut bisa menjadi salah satu solusi efektif mengecilkan perut buncit pasca-melahirkan.

senam pilatessalah satu gerakan senam pilates (sumber:pilates.about.com)

Senam Pilates, Pengertian dan Bermacam Gerakannya

Sebenarnya, banyak cara untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Di antaranya dengan melakukan senam. Salah satu senam yang termudah untuk Anda lakukan adalah senam pilates.

Apakah senam pilates itu? Senam pilates adalah jenis olahraga yang menekankan pada keseimbangan tubuh.

Senam ini sangat populer di kalangan wanita, termasuk ibu hamil, wanita pasca-melahirkan, penari, dan juga wanita manula.

Senam ini sangat cocok untuk siapa saja yang ingin mengencangkan tubuh dan bebas dari perut buncit. Oleh karena itu, senam ini sangat populer.

Sebab, senam ini bisa membuat otot-otot dan persendian kuat dan sehat hingga fleksibilitas tubuh meningkat. Otot perut, otot punggung dan otot dasar panggul akan terlatih sehingga perut pun jadi langsing.

Dengan melakukan senam pilates secara rutin akan membuat metabolisme Anda meningkat. Efek lanjutannya adalah pembakaran kalori Anda lebih efektif dan berat badan turun, termasuk perut buncit.

3 Gerakan Pilates untuk Mengecilkan Perut Anda

Berikut ini adalah 3 gerakan dari senam pilates yang perlu Anda lakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan atau kepentingan kesehatan lainnya, yaitu:

1. Lakukan peregangan kaki.

Siapkan matras dan Anda berbaring di atasnya. Luruskan kaki dan letakkan kedua tangan di bawah kepala. Angkat kedua kaki, lalu angkat kepala dengan penyangga kedua tangan.

Setelah cukup, turunkan kaki dan kepala sehingga kembali ke posisi telentang di atas matras. Ulangi gerakan yang sama hingga 8 – 10 kali.

gerakan pilatesgerakan neck pull (copy: health.dekiben.com)

2. Lakukan neck pull.

Caranya, Anda duduk di atas matras dengan kaki dibuka lurus. Letakkan kedua tangan di belakang kepala. Atur nafas, tahan beberapa detik dan tahan nafas dengan otot hingga perut rata.

Tarik tubuh ke belakangan tapi tak sampai berbaring. Lalu duduk lagi, dan ulangi gerakan yang sama hingga beberapa kali.

3. Lakukan side twist dengan berbaring miring pada matras.

Kaki lurus ikut mengangkat berat tubuh. Salah satu tangan menjadi tumpuan berat badan. Lalu tangan satunya Anda rentangkan ke atas bahu.

Lakukan gerakan menarik tangan dari atas ke bawah hingga 8 kali. Ulangi lagi dengan mengganti tumpuan pada tangan satunya.

Berapa lama Anda harus melakukan gerakan ini? Ya, lakukan secara rutin tiap hari sampai perut Anda ramping.

mengecilkan perut buncitside twist (sumber: id.pinterest.com)

Pengalaman: 2 Minggu Senam Pilates Berat Badan Turun 3 Kg

Ini cerita tentang pengalaman seorang wanita melakukan senam pilates dipadu dengan cardio. Dalam 2 minggu, berat badannya turun 3 kg. Ini baru langkah awal dia berupaya menurunkan berat badan dengan melakukan senam pilates.

Wanita ini melakukan senam pilates tiap hari. Menurut suaminya, wanita ini memang tengah melakukan tes tentang efektivitas senam pilates untuk menurunkan berat badan atau perut buncit.

Hasilnya ternyata sangat efektif. Baru dua minggu berat badannya turun 3 kg. Senam ini juga dipadu dengan memperbanyak minum air putih minimal 8 liter per hari dan mengonsumsi makanan sehat yang bisa mengecilkan perut setelah melahirkan.

Wanita itu juga mengonsumsi buah yang bisa membuat awet kenyang seperti apel. Atau, memperbanyak konsumsi makanan rendah lemak, rendah kalori tetapi kaya nutrisi.

Menyusui dan menggendong bayi juga merupakan cara efektif untuk menurunkan perut buncit setelah melahirkan. Atau menggunakan alat fitnes. Jangan lupa untuk melakukan diet dengan membatasi porsi makan Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda bisa sukses mengecilkan perut setelah melahirkan dengan cepat. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Save

Save

Advertisement